TELUKKUANTAN - Mencegah terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di kawasan Hutan Lindung Bukit Rimbang Baling, Koramil 09 Singingi bersama Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan patroli bersama, Selasa (12/3/2019).

Menurut Danramil 09 Singingi Kapten Arh Buntor Simanjuntak, kawasan HLBRB masih menjadi incaran oknum masyarakat untuk keuntungan pribadi. Tak jarang, ada masyarakat yang membuka kebun dengan cara dibakar.

"Sekarang memasuki musim panas. Kita tidak ingin, ada oknum yang membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, akan berakibat fatal," ujar Simanjuntak, Rabu (13/3/2019) pagi di Telukkuantan.

Simanjuntak sudah hafal taktik yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggungjawab tersebut. Dimana, mereka melakukan pembakaran di sore hari, lalu ditinggal begitu saja. "Tentu apinya merambat kemana-mana."

Ads
"Kita tak ingin itu terjadi. Makanya kita rutin melakukan patroli bersama," tambah Simanjuntak.

Lokasi HLBRB memang jauh dari pemukiman masyarakat, sekitar 2 jam 46 menit perjalanan menggunakan roda dua dari Simpang Petai. Kendati medan yang dilalui cukup sulit, tim patroli bersama tidak patah semangat. Selain patroli, TNI juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tak membakar hutan.

Untuk diketahui, HLBRB merupakan kawasan yang dilindungi pemerintah, selain sebagai penyangga ekosistem, di sini juga 'surga-nya' flora dan fauna.***