PEKANBARU - Anggota Komisi VII DPR RI, Abdul Wahid berharap pembangunan pipa transmisi gas bumi dari Dumai ke Sri Mangke, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara bisa meningkatkan perekonomian masyarakat serta lebih efesien, murah dan ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW PKB Riau ini saat membuka Focus Group Discussion (FGD) tema Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi dari Dumai ke Sei Mangke sepanjang lebih kurang 300 Km, Kamis (12/11/2020).

"Semoga dengan dibangunnya jaringan pipa ini dapat mendorong pertumbuhan industri baik skala besar maupun kecil, energi murah dan ramah lingkungan, dengan begitu ekonomi juga semakin tumbuh," kata Wahid.

Wahid menambahkan, wacana pembangunan jangan terlalu banyak diskusi, namun harus banyak ke arah eksekusi pembangunannya dan mewakili komisi VII, dia sangat mendukung agar itu segera dibangun.

"Riau ini kaya sekali dengan sumber daya energi, dibawah minyak diatas minyak, semestinya daerah penghasil seperti Riau ini sudah maju secara ekonomi dan infrastruktur, saya berharap jangan terlalu banyak berwacana tetap segera di eksekusi, kita dari komisi VII siap mendukung," tegasnya.

Potensi sumberdaya gas di Riau, lanjutnya, juga ada di Malacca Strait, Kepulauan Meranti, sehingga Jaringan Gas Kota (Jargas) seharusnya bisa dibangun, dinikmati masyarakat Riau dengan harga ekonomis.

Sementara itu, Kepala BPH Migas Anshurullah Pasa dalam sambutannya juga mengatakan bahwa sudah mendapat dukungan dari semua institusi terkait, agar pembangunan pipa transmisi gas bumi Dumai- Sei mangkei segera dibangun.***