DUMAI - Kota Dumai di Provinsi Riau, merupakan salah satu daerah yang dilintasi kereta api trans sumatera yang segera direalisasikan Pemerintah Provinsi Riau 2017 mendatang. Di Dumai, nantinya akan ada empat stasiun kereta api.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Dumai Bambang Sumantri kepada GoRiau.com, Senin (28/11/2016). Empat stasiun yang akan ada di Dumai terletak di Pelabuhan, Kota Dumai (Depo), Bagan Besar, Bukit Nenas dan Bukit Kapur.

"Alhamdulilah di sini ada depo, tempat untuk menyimpan dan melakukan perawatan rutin kereta api, serta tempat melakukan perbaikan ringan. Perawatan yang dilakukan biasanya pemeriksaan harian dan periodik lainnya. Dalam perawatan harian termasuk juga pencucian kereta api," ungkapnya.

dikatakannya, saat ini ada kendala teknis pembebasan lahan yang melintasi sistim radar milik TNI AU di Dumai. Karena dikhawatirkan bisa menggangu kerja radar. Pihaknya pun saat ini masih melakukan koordinasi terkait hal itu.

"Yang masuk wilayah sistim radar TNI AU di Dumai, sekitar 800 meter. Untuk Dumai sendiri panjang rel kereta api sepanjang 24 kilometer," ujarnya.

Baca Juga: Kakanwil BPN Riau: Pengadaan Tanah Rel Kereta Api Dumai Tunggu Penetapan Lokasi

Ia juga menjelaskan pada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang baru, Dishub Dumai akan menambah seksi baru, yaitu Kasi Kereta Api di bawah Kabid Multi Moda. Sementara bidang yang hilang, yaitu Bidang Udara, namun Kepala UPT Bandara tetap ada.

Baca Juga: Realisasi Proyek Kereta Api di Riau Mulai 2017

"Pembebasan lahan nantinya melalui Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi Riau bersama Balai Perkeretaapian wilayah Sumatera. Untuk kesiapan bantalan rel kereta api sudah selesai semua, hanya tinggal pembebasan lahan saja," ulasnya.*** #DUMAI