SIAK - Ketua DPRD Kabupaten Siak, H Azmi SE mendorong Camat di Kabupaten Siak agar memastikan program-program yang digelontorkan pemerintah pusat dalam penanggulangan Covid-19 berjalan tepat sasaran, khususnya program yang ditujukan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Azmi mengatakan, sudah sepatutnya program jaring pengaman sosial tepat sasaran. Mulai dari Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial, kemudian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dari Kementerian Desa, program Kartu Prakerja dari Kementerian Tenaga Kerja serta dana untuk kebutuhan pokok.

"Yang kita tekankan agar datanya sinkron, mana masyarakat yang sudah menerima bantuan dari program reguler dari Kementerian Sosial, mana yang belum dan mana yang layak mendapatkan BLT Dana Desa dan sebagainya, tujuannya agar semua tepat sasaran," kata Azmi kepada GoRiau.com, Jumat (1/5/2020).

Azmi menambahkan, semua program tersebut akan direalisasikan secara bertahap sehingga masyarakat harus bersabar.

Pada kesempatan itu pihaknya juga meminta Dinas terkait untuk membuat keseragaman terkait pemberian BLT Dana Desa. "Tapi datanya harus nyambung dengan DTKS di Dinas Soaial untuk menentukan penerimanya," tutur Azmi.

Masing-masing desa telah ditentukan nilai BLT maksimal serta maksimal jumlah KK penerima sesuai alokasi Dana Desa tahun 2020.

Besaran BLT tersebut Rp. 600.000 per bulan selama 3 bulan dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2020. Untuk di Tabanan diperkirakan terdapat 20.200 KK yang berhak menerima BLT Dana Desa tersebut. ***