PADANG - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon di kawasan Pantai Padang, 30 Maret 2019 mendatang.

“Gerakan penanaman satu juta pohon ini merupakan dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai upaya mitigasi bencana tsunami di Kota Padang," ujar Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi, Rabu (13/03/2019) seperti dilansir Langkan.id.

Edi mengatakan, penanaman pohon di sepanjang Pantai Padang perlu dilakukan sebagai benteng alami untuk menahan laju tsunami, terutama di daerah padat penduduk.

Kata dia, adapun jenis pohon yang akan ditanam yaitu cemara udang dan pulai yang mampu menahan abrasi pantai, tiupan angin kencang, hempasan gelombang laut, dan terpaan pasir yang bergulung di sepanjang pantai.

“Gerakan penanaman satu juta pohon melibatkan seluruh stakeholder kebencanaan, termasuk TNI/Polri. Dan kita juga mengharapkan dukungan masyarakat terutama dalam menjaga dan merawat pohon setelah ditanam”, ujarnya.

Direktur Penanganan Darurat BNPB Medi Herlianto yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan, simulasi gempa dan tsunami akan digelar dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana pada 26 April 2019. Kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia.

"Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat, termasuk kantor pemerintah dan swasta, sekolah ikut berpartisipasi melaksanakan simulasi gempa dan atau tsunami di tempatnya masing-masing," ujarnya.

Kata dia, sebagai daerah rawan bencana, masyarakat harus selalu meningkatkan kesiapsiagaanya. Waktu bencana tidak dapat dipastikan. ***