PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Riau tahun ini melakukan pengadaan 22 unit kapal Katinting. Ditargetkan akhir November bantuan tersebut disalurkan untuk kelompok nelayan.

Bantuan kapal akan diserahkan kepada enam kelompok nelayan di tiga daerah, diantaranya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru.

"Bantuan 22 kapal katinting kita target akhir November diserahkan ke kelompok nelayan," kata Kepala DKP Provinsi Riau, Herman, Senin (3/10/2022).

Herman mengatakan, kapal katinting sebagai dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya tangkap ikan nelayan di tiga daerah itu saat ini proses pembuatan.

"Progres pembuatan sekarang tahap penyelesaian. Insya Allah selesai sesuai kontak November, setelah itu langsung diserahkan kepada enam kelompok nelayan," ujarnya.

Adapun keenam kelompok nelayan yang akan menerima bantuan 22 kapal Katinting tersebut yakni, KN Cahaya Fitri, Rengat Barat dan KN Payarumbai Bertuah, Seberida, Kabupaten Inhu masing-masing 4 unit kapal.

Kemudian, KN Rezeki Berkah, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan 5 unit. Lalu, KUB Berkah Mina, KUB Nelayan Terpadu, dan KUB Parit Belanda, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru masing-masing 3 unit.

"Kita berharap bantuan kapal Katinting 1 GT tersebut dapat membantu para nelayan meningkatkan perekonomian. Karena itu, kita berharap nantinya bantuan kapal ini dapat dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya," tukasnya. ***