PEKANBARU - Lahan kosong milik PT Pulau Sambu NTS Sungai Pinang, Parit 6A dan Parit 6B, Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Minggu (17/11/2019) terbakar.

Dandim 0314 Inhil, Letkol Inf Imir Faishal saat dihubungi GoRiau.com, membenarkan kejadian terbakarnya lahan di areal PT Pulau Sambu. Luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas 10 hektar.

"Sebagian besar lahan kosong yang terbakar. Kita juga membuat sekat agar api tidak meluas ke lahan lainnya yang berdampingan," ujarnya.

Saat upaya pemadaman kemarin, dikatakan Letkol Imir, tim gabungan yang terdiri TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api, BPBD, dan damkar perusahaan dengan jumlah keseluruhan 30 orang, kesulitan mendapatkan sumber air.

"Selain sumber air yang minim, angin yang bergerak kencang ke semua arah juga menjadi kendala saat pemadaman kemarin. Alhamdulillah, api sudah padam," ungkapnya.

Akses yang jauh juga menjadi kendala lainnya, sambung Letkol Imir. Namun, karena gerak cepat tim di lapangan api berhasil dipadamkan dan tidak meluas ke lahan lainnya. Penyebabnya juga masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

"Penyebabnya masih diselidiki kepolisian. Kita juga terus melakukan koordinasi dengan kepolisian, siapa pelaku yang berani membakar lahan tersebut," jelasnya. ***