ASAP  yang melanda wilayah propinsi Riau merupakan dampak dari tindakan pembakaran lahan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab dan pada akhirnya menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Salah satu dampaknya adalah mengganggu kesehatan dan juga mengganggu aktifitas keseharian kita. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dan kepedulian tinggi terhadap masyarakat, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat melalui program pos kesehatan peduli asap RAPP yang berdiri di lima wilayah diantaranya Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Kota Pekanbaru. Selain itu, RAPP juga telah meluncurkan mobil layanan kesehatan gratis keliling yang sudah beroperasi sejak awal 22 September 2015 di lima wilayah tersebut.


Direktur RAPP, Rudi Fajar mengatakan pos kesehatan ini sebagai upaya membantu masyarakat. Rudi juga mempersilakan para warga yang berada di sekitar pos kesehatan untuk memeriksakan kesehatannya dan mendapatkan obat secara gratis.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes2jpg-3278.jpg
Salah satu warga Siak memeriksakan kesehatannya di Pos Kesehatan Peduli Asap RAPP bekerjasama Bhayangkari Polres Siak.

“Kami akan terus konsisten membantu masyarakat. Pos layanan kesehatan gratis yang kami bangun dibeberapa titik di lima wilayah akan terus ada sampai bencana asap ini hilang. Kita sangat prihatin dengan apa yang sedang berlangsung saat ini. Mari kita bersama-sama melakukan langkah untuk menanggulangi permasalahan ini. RAPP secara penuh menyumbang tenaga kesehatan perusahaan untuk siaga di setiap pos kesehatan yang terletak di lima wilayah ini, dilengkapi dengan peralatan kesehatan,” ungkap Rudi.


Tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Riau, pos kesehatan peduli asap RAPP juga dikunjungi oleh Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung beberapa waktu lalu di pos kesehatan Purna MTQ Pekanbaru. Di dalam Posko tersebut, Pangdam meninjau sekaligus mengapresiasi bantuan berupa susu dan masker yang disediakan RAPP kepada para pasien yang datang berobat. "Bantuan yang diberikan bermanfaat dan layak minum. Kita berharap RAPP terus konsisten membantu," ungkap Pangdam di lokasi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes3jpg-3277.jpg
Tim Dokter dan relawan dari RAPP mengunjungi salah seorang warga yang terkena sakit.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 031/ WB, Brigjen TNI Nurendi mengatakan pihaknya sering berkomunikasi dan bekerja sama dengan RAPP dalam upaya menanggulangi bencana kabut asap dan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).


"RAPP sudah sering membantu masyarakat. Kita juga sudah sering bekerja sama dengan RAPP untuk menanggulangi masalah asap dan karlahut ini. Komitmen RAPP sangat baik sekali," timpal Nurendi.


Upaya yang dilakukan RAPP mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Bupati Kabupaten Pelalawan, HM Harris. Dia menilai posko yang didirikan RAPP sangat bermanfaat karena membantu masyarakat Pelalawan mengobati penyakit akibat asap yang melanda wilayah Riau, khususnya Pelalawan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes4jpg-3276.jpg
Direktur RAPP meninjau salah satu pos kesehatan peduli asap RAPP di Teluk Meranti.

"Terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh RAPP untuk membantu masyarakat dalam menanggulangi masalah asap dan Karhutla. Saya berharap perusahaan dan pemerintah daerah bisa terus bersama-sama memberikan bantuan kepada masyarakat," ucap Harris saat mengunjungi pos kesehatan peduli asap RAPP di Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu.


Selain pemerintah Kabupaten Pelalawan, apresiasi senada juga disampaikan Pemerintah Kabupaten Kuansing. Saat meninjau pos kesehatan peduli asap RAPP, Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kuansing, Pramudio Nandar, menilai dua posko kesehatan yang didirikan RAPP di Kuansing manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Kuansing

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes5jpg-3275.jpg
Masyarakat antusias memeriksakan kesehatannya di layanan kesehatan gratis keliling RAPP.

"Kita sudah meninjau dua posko yang didirikan oleh PT RAPP dan itu cukup bagus. Masyarakat sangat antusias berobat gratis dimana pasien antara 50 sampai 80 orang setiap harinya. Kalau ada yang kurang, kita harap dilengkapi, terutama obat-obatan jangan sampai habis,” kata Nandar.


Selama kurang lebih satu bulan, tenaga medis RAPP telah bekerja keras untuk memulihkan kondisi kesehatan masyarakat Riau yang terpapar asap. Berbekal perlengkapan kesehatan khusus untuk penyakit ISPA yang disediakan RAPP seperti tabung oksigen, regulator oksigen, nebulizer, tensimeter, stetoskop, termometer, penlight, obat-obatan. masker sensi dan masker N95, air mineral dan susu, mereka telah melayani pasien sebanyak 19.511 orang. RAPP juga telah mendistribusikan 179.150 masker sensy dan 22.640 masker N95 yang tersebar di lima kabupaten wilayah operasional perusahaan, termasuk pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes7jpg-3274.jpg
Masyarakat antusias memeriksakan kesehatannya di Pos Pelayanan Kesehatan Gratis tim Medis RAPP di Desa Petai Kuansing.

Manfaat pos kesehatan yang didirikan oleh RAPP pun terucap salah satu warga Pangean Kuantan Singingi, Suwanto. Dia menilai berkat adanya pos kesehatan RAPP di Kuansing, seluruh masyarakat bisa memeriksakan kesehatannya di pos tersebut tanpa terkecuali. "Semua orang bisa periksa kesehatan disini. Tidak hanya saya, tetapi keluarga dan tetangga bisa berobat gratis di posko ini. Kami sangat bersyukur ada perusahaan yang peduli dengan masyarakat," ujar Suwanto. (rls)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes8jpg-3273.jpg
Tim Dokter dan relawan dari RAPP mengunjungi rumah seorang warga dan memeriksa anaknya yang terbaring sakit.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes11jp-3272.jpg
Tim Dokter RAPP siap bertugas melayani masyarakat

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes12jp-3271.jpg

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30102015/poskes13jp-3270.jpg
Bupati Kab Pelalawan, HM Harris turut memeriksakan kesehatannya saat mengunjungi pos kesehatan peduli asap RAPP.