BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau H. Suyatno memperoleh penghargaan dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI) pada acara pelantikan pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Rokan Hilir masa Khidmat 2015 - 2020.

Pemberian penghargaan yang langsung diserahkan oleh Ketua LKNI, Drs Totok Sudarwoto karena mengingat Suyatno merupakan pembina seni budaya dan pariwisata daerah.

Usai mendapatkan penghargaan, Suyatno mengungkapkan bahwa dirinya mempunyai obsesi untuk mengembangkan seni dan pariwisata dari segala aspek. Dirinya melihat peluang untuk memberikan sesuatu yang baru dengan membuka rute perjalanan wisata bahari dari Bagansiapiapi menuju Pulau Jemur.

Proyek pariwisata yang sedang dirancangnya adalah dengan melengkapi fasilitas para pengunjung di Pulau Jemur serta sarana transportasi menuju kesana yakni kapal Speed cepat.

"Saya juga membuka kesempatan bagi pelaku bisnis di bidang pariwisata untuk ikut bagian dalam proyek ini," katanya.

Dirinya mengungkapkan, tidak semua warga Rohil pernah menginjak pulau jemur. Padahal, pulau tersebut merupakan kebanggaan daerah. Analoginya, dengan kehadiran speed cepat, restoran sea food, penginapan serta MCK di Pulau Jemur, akan meningkatkan intensitas pengunjung mendatangi pulau jemur yang termasuk pulau terbaik di Indonesia.

Tidak hanya itu, Suyatno menilai, kehadiran kapal speed cepat justru membuka peluang baru bagi usaha jasa tour and travel. Menurutnya, para tamu yang datang terutama pada saat iven Bakar Tongkang sudah tahu betul bahwa menuju ke Pulau Jemur sangat sulit. Namun dengan tersedianya armada, maka mereka bisa ke Pulau Jemur atau pun stay di sana.

Selain menyinggung kepariwisataan, Suyatno juga meminta DKD membuat cabang hingga ke Kecamatan. Tujuannya, agar seluruh yang berhubungan dengan seni lebih mudah diakomodir melalui satu wadah. Menurutnya, masih banyak yang bisa digali kesenian tradisional yang ada ditiap kecamatan.

"Coba kita buat iven festival Layang, main gasing atau lainnya. Kita ingin masyarakat lebih tahu dan mengenal kebudayaan daerahnya sendiri," katanya.

Acara pelantikan pengurus DKD dihadiri Ketua DPRD Nasruddin Hasan, Plt Sekda Surya Arfan, Kadis Pariwisata Rohil Zulkarnaen, Sekretaris Umum Dewan Kesenian Riau, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Asisten I, II, III dan IV, Direktur IPDN Kampus Rokan Hilir, Camat Bangko, Camat Pekaitan dan seluruh Praja IPDN. Acara itu juga menggelar pameran lukisan hasil karya putra daerah.(amr)