PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pelalawan mengunjungi markas PT RAPP, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.


Kehadiran rombongan PWI Pelalawan disambut jajaran Humas PT RAPP. Para awak media ini kemudian diajak melihat secara langsung proses pembuatan kertas mulai dari kayu sampai menjadi lembaran kertas di RGE Technology Centre (RTC).


"Presentasinya bagus, karena kita bisa tahu tentang bagaimana proses produksi kertas. Kita jadi banyak tahu," kata Ketua PWI Pelalawan Asnol Mubarac, SSos MSi, Senin (30/3/2015).


Para awak media ini pun berharap agar PT RAPP berkontribusi lebih besar lagi kepada penduduk lokal atau masyarakat setempat.


"Semoga RAPP bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi kepada masyarakat lokal Riau," ucapnya.


Salah satu anggota PWI Pelalawan, Andi, mengaku sangat senang bisa mengenal dan melihat PT RAPP dengan lebih dekat.


"Apa yang dijelaskan oleh perusahaan sangat bermanfaat karena kita mendapatkan pengetahuan yang sangat gamblang. Ternyata di wilayah Riau ada perusahaan besar dengan teknologi canggih. Sehingga kita tidak harus keluar negeri," ungkapnya antusias.


Usai diajak berkeliling di ruang eksibisi, rombongan PWI Pelalawan tersebut diajak berdiskusi tentang operasional perusahaan. Beberapa dari mereka juga antusias menanyakan tentang pasar produk PT RAPP, kapasitas yang dihasilkan, komitmen perusahaan dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja, termasuk melindungi lingkungan, serta peluang kerja sama ke depannya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09042015/rap2jpg-1913.jpg
PWI Pelalawan dan manajemen PT RAPP saling bertukar cendra mata.

Siap Antisipasi Karhutla


Kunjungan dilanjutkan dengan berdiskusi di Hotel Unigraha. Pada kesempatan itu, rombongan PWI Pelalawan disuguhi pemaparan tentang penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh PT RAPP.


Tim Fire Fighter PT RAPP sudah menyiagakan personel dan peralatannya di seluruh estate di wilayah operasionalnya di Riau.


Manajer Fire and Aviation PT RAPP Yuneldi memamparkan, pihaknya telah melengkapi peralatan di estate atau sektor yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Riau.


Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap lingkungan, Yuneldi menambahkan PT RAPP siap membantu mengantisipasi bencana kebakaran lahan di Riau.


Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program kegiatan yang digelar untuk meningkatkan kemampuan dan menjaga stamina para tim pemadam, salah satunya menggelar kompetisi pemadam kebakaran antar estate baru-baru ini.


''Tim Pemadam dan peralatan kita siap diterjunkan untuk membantu memadamkan api di lapangan. Sebanyak 207 unit pompa lengkap dengan selang pemadam sepanjang 1.900 rol, masing-masing panjangnya 30 meter telah disiapkan dan didukung 20 water truck (truk pengangkut air, red) di masing-masing estate,'' kata Yuneldi.


Tak hanya peralatan, Yuneldi menyatakan, kesiapan tim di lapangan pun sudah dikoordinasikan dengan baik melalui berbagai pelatihan dan juga posko kebakaran yang sudah tersebar di 23 estate.


''Seluruh posko kebakaran kita tersebar di 23 estate. Masing-masing tim yang tergabung sudah kita latih, karena yang paling susah itu mengatasi kepanikan pada saat bencana terjadi,'' jelasnya.


Program Baru


Pada kesempatan itu, Corporate Communications Manager, Djarot Handoko membocorkan program barunya. Program baru tersebut tak jauh-jauh dari persoalan penanganan karhutla.


Acara ditutup dengan makan siang bersama dan penyerahan cindera mata antara PT RAPP dengan PWI Pelalawan. (adv)