BAGANSIAPIAPI - Pada setiap kegiatan acara halal bi halal halal Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir sekaligus melepas Jeremiah calon haji 1437 H/2016 M, Bupati Rokan Hilir, Suyatno.A.Mp sering menyinggung menurunnya APBD Rohil serta dampaknya terhadap pembangunan daerah pada masa-masa mendatang.

Bahkan dia meminta kepada seluruh tokoh masyarakat yang tergabung dalam Ikrohil agar membantu pemerintah memberikan gagasan dan pikiran agar bisa keluar dari kesulitan ini demi kemajuan daerah.

''Saya mengharapkan, Ikrohil Pekanbaru tetap solid. Hingga saat ini, kita masih menunggu pengukuhan Ikrohil Duri yang masih belum menetapkan kepengurusan. Untuk Bengkalis dan Batam kita juga akan kukuhkan. Semoga setelah semua dilantik, seluruh masyarakat Rohil yang berada diluar daerah mau bersatu memajukan negeri,'' kata Suyatno.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20082016/menurunjpg-5070.jpg

Ads
Bupati mengungkapkan, kondisi keuangan Rohil yang mengalami defisit telah menyebabkan berkurangnya mata anggaran pembangunan. Apalagi tahun 2017 nanti, APBD Rohil akan mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi Rp 1,2 Triliun.

''Coba bayangkan, anggaran belanja rutin aja mencapai 800 Miliar. Sedangkan sisanya digunakan untuk pembangunan. Apa yang bisa kita lakukan lagi?'' tuturnya.

Supaya tidak terpuruk dalam keuangan yang instabil, pemerintah berupaya untuk belajar ke daerah Jawa Timur bagaimana cara mengelola Blok Cepu yang merupakan cadangan minyak terbaru di Kabupaten Bojonegoro, sama halnya dengan yang ada di Rohil seperti di Balam dan Rantau Bais.

''Di Rohil ada 52 sumur minyak tua yang akan kita eksploitasi,'' ujarnya.

Sementara itu. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman dalam acara halal bi halal Ikrohil mengatakan, Pemprov akan senantiasa membantu pembangunan Rohil melalui APBD Provinsi. Apalagi anggaran untuk membuat jalan dari Jembatan Pedamaran II menuju Kubu dan Panipahan menelan dana cukup besar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20082016/menurun2jp-5069.jpg

''Sedapat mungkin jalan tersebut ditimbun dan dirigid lalu di aspal,'' kata Gubri.

Acara halal bi halal juga diisi dengan pengukuhan Ketua IKM-Rohil yang diketuai oleh Asri Auzar. (adv)