PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pembangunan infrastruktur merupakan aspek penting dan vital dalam menggerakkan roda perekonomian suatu daerah. Ketersediaan infrastruktur yang memadai seperti transportasi menjadi pondasi dalam percepatan pembangunan nasional. Guna mendukung program pemerintah dalam sektor pembangunan ini, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membangun dan memperbaiki ruas jalan di sejumlah daerah di propinsi Riau agar dapat dilalui oleh masyarakat dan membuka akses transportasi di pedesaan.


Salah satu ruas jalan yang dibangun oleh RAPP berada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau. Jalan yang menghubungkan Benai-Kukok itu, selesai diaspal sepanjang 5 kilometer bulan April 2015 lalu. Pengerjaan jalan tersebut sesuai kesepakatan yang tercantum dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan ditandatangani Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing dan pihak RAPP.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/foto2jpg-2177.jpg
Tampak dua pengendara sepeda motor melintasi jalan yang sudah dilakukan pengaspalan oleh RAPP. Jalan ini telah selesai dikerjakan sejak bulan lalu.

Bupati Kuansing, H. Sukarmis mengapresiasi kontribusi RAPP dalam membangun infrastruktur daerah di samping program Community Development (CD) yang telah disalurkan. Dikatakan Sukarmis, kontribusi yang diberikan RAPP dalam pembangunan infrastruktur di Kuansing sangat bermanfaat bagi masyarakat.


''Terimakasih kepada RAPP yang tak bosan membantu masyarakat terutama di Kuansing seperti pembangunan jalan Benai-Kukok ini sehingga akan mempermudah akses transportasi masyarakat,'' ungkap Bupati pada saat acara syukuran dimulainya pengerjaan jalan tersebut, beberapa waktu lalu di Benai, Kuansing.

Ads
https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/foto3jpg-2176.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Msi, Direktur RAPP Mulia Nauli beserta masyarakat Desa Tanjung Padang berfoto bersama di plang tanda pembangunan jalan poros sepanjang 12 km.

Selain infrastruktur di Kuansing, RAPP juga membangun jalan poros sepanjang 12 kilometer di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pengerjaan jalan poros tersebut dilakukan dalam 2 tahap dan telah selesai dan diserahterimakan kepada masyarakat melalui pemerintah setempat, baru-baru ini.


Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Irwan mengatakan pembangunan jalan poros oleh RAPP telah membantu meringankan beban pemerintah. Untuk itu, Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga jalan tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Pulau Padang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/4jpg-2175.jpg
Drs H Irwan Msi membuka kain penutup plang tanda pembangunan jalan yang diserahkan oleh RAPP kepada masyarakat Tanjung Padang.

''Dengan beroperasinya RAPP maka dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan ini patut kita syukuri. Untuk itu, sepantasnya kita mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada perusahaan yang telah membantu meringankan beban pemerintah dalam membangun infrastruktur daerah,'' kata Bupati pada saat peresmian dan serahterima jalan poros dari RAPP kepada Pemkab Kepulauan Meranti, beberapa waktu lalu di Pulau Padang.


Jalan poros ini menghubungkan 20 desa (1 Kelurahan dan 2 Kecamatan) mulai dari Desa Tanjung Padang, Putri Puyu, Mekar Delima, Dedap, Kudap, Bandul Selat Akar, dan Tanjung Pisang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/foto5jpg-2174.jpg
Jalan sepanjang 12 km yang dibangun RAPP di Desa Tanjung Padang semakin memperlancar aktifitas warga.

Sementara itu, Direktur RAPP, Mulia Nauli berharap dengan adanya infrastruktur yang baik, maka akan mempermudah aktifitas masyarakat sehingga roda perekonomian di wilayah tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Mulia pun berharap, masyarakat bisa memelihara jalan tersebut sebaik mungkin agar dapat tahan lama.


''Terimakasih kepada segenap masyarakat karena kami telah diterima dan menjadi bagian dari masyarakat. Harapan kami agar jalan yang sudah ada dapat kita pelihara bersama sehingga mempermudah akses transportasi dan menggerakkan ekonomi masyarakat,'' ungkap Mulia.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/foto6jpg-2171.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Msi salam komando dengan direktur RAPP, Mulia Nauli pada peresmian pemakaian jalan poros sepanjang 12 km yang dibangun RAPP untuk masyarakat Pulau Padang di Desa Tanjung Padang, Kecamatan Putri Puyu.

Tidak berhenti disitu, RAPP juga membangun sejumlah ruas jalan lainnya di Riau. Salah satunya termasuk menerjunkan 2 unit alat berat jenis Grader dan Compactor untuk membantu perbaikan Jalan Desa Titian Modang dan perluasan pekarangan Masjid di Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/17052015/7okejpg-2170.jpg
Motor Grader dan Compactor  RAPP dikerahkan untuk membantu perbaikan Jalan Desa Titian Modang dan perluasan pekarangan masjid di Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing.

Sejak mulai dibangun pada tahun 1990, RAPP berkomitmen menjadi perusahaan yang mengutamakan 3P: People, Planet, Profit. Dukungan infrastruktur di pedesaan menjadi salah satu bukti nyata komitmen RAPP dalam memajukan roda perekonomian daerah. Dengan terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat, RAPP terus berupaya menciptakan kemandirian perekonomian di desa yang berada di wilayah operasional perusahaan. (adv)