BAGANSIAPIAPI - Rokan Hilir (Rohil) merupakan gudang atlet bolavoli berprestasi di Riau. Namun prestasi itu tidak bisa dipertahankan, bahkan tigapuluh tahun terakhir, prestasi bolavoli Rohil terus menurun.

''Saya mengucapkan terimakasih pengurus PBVSI Rohil mengadakan kembali pelatihan pelatih dan wasit se-Riau ini. Ini merupakan langkah awal yang tepat untuk mengembalikan kejayaan bolavoli Rohil,'' ujar Plt Sekda Rohil, Surya Arpan saat membuka pelatihan pelatih dan wasit, Selasa (9/8/2016).

Surya Arpan menjelaskan, Rohil merupakan gudangnya atlet bolavoli berprestasi di Riau. Namun sejak 30 tahun terakhir, prestasi itu menurun dan tak bangkit-bangkit.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20082016/voli1jpg-5068.jpg

Ads
''Ini merupakan langkah awal yang baik, karena perbaikan dilakukan dari dasar yakni pelatih dan wasit, dengan pelatihan ini nantinya pelatih bisa mengembangkan ilmunya sehingga pemuda Rohil dan Riau kembali mencintai olahraga rakyat ini,'' tambahnya.

Pelatihan diikuti 31 orang dan berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Rohil. Acara penataran pelatih dan wasit diselenggarakan selama 4 hari dimulai tanggal 9 sampai dengan 13 Agustus 2016 yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. Sayangnya, ada beberapa Kabupaten yang tidak mengirimkan utusan diantaranya dari Inhil, Kampar, Kuansing, Pelalawan dan Rokan Hulu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20082016/voli2jpg-5067.jpg

Untuk tingkat kecamatan, yang tidak mengirimkan utusan diantaranya kecamatan Bangko Pusako, Balai Jaya, Bagansinembah, Bagansinembah Raya, Batu Hampar, Kubu, Kubu Babussalam, Pujud, Pasir Limau Kapas, Rantau Kopar, Sinaboi, Simpang Kanan, Tanjung Medan, dan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Sementara itu, Ketua PBVSI Rohil, Mukhtar Lutvie mengungkapkan, setelah penataran wasit dan pelatih, Pemkab akan mengadakan open turnamen bolavoli menyambut HUT RI yang dipusatkan di GOR Batu Enam Bagansiapiapi. Rencananya dimulai tanggal 14 Agustus mendatang yang berkoordinasi dengan Dispora. (adv)