PANGKALANKERINCI - ''Saya ingin berkontribusi membangun Pulau Padang, khususnya di bidang pendidikan. Sekarang ada kesempatan menimba ilmu di RAPP, jadi tak saya sia-siakan,'' kata Ahmad Faisol, Senin (6/8/2018).

Ahmad Faisol salah satu dari enam pemuda asal Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, yang mengikuti pelatihan Regional Project Officer (RPO) di Community Development (CD) PT RAPP, di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Town Site 2, Pangkalankerinci, Pelalawan.

Pemuda berusia 28 tahun yang berlatar belakang Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia itu, mengaku belum pernah pernah mengajar di sekolah sejak jadi sarjana. Ia memilih bergabung dengan CD RAPP agar bisa mengaplikasikan ilmunya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01112018/1jpg-7664.jpgSebanyak enam orang mengikuti pelatihan RPO CD RAPP

Ads
''Setelah menimba ilmu di RPO CD RAPP ini saya berharap bisa berperan aktif membangun sektor pendidikan di kampung saya, Pulau Padang,'' harapnya.

Sementara Rahmie Jafar, satu-satunya peserta wanita pada pelatihan RPO ini, mengaku sebelum memutuskan bergabung dengan RPO CD RAPP, ia mencoba mencari informasi di internet tentang kontribusi RAPP terhadap dunia pendidikan.

''Secara keseluruhan, RAPP memiliki kontribusi besar ke masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Fokus RPO ke bidang pendidikan, bertugas untuk menginisiasi perubahan yang selama ini belum dilakukan. Kalau sekolah belum membuat program-program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kita yang bantu menggerakkan,'' kata Rahmie.

Koordinator Pemberdayaan CD RAPP, Sundari Berlian mengatakan, RPO ini termasuk dalam program CD, yakni School Improvement.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01112018/2jpg-7663.jpgSebanyak enam orang mengikuti pelatihan RPO CD RAPP

''Program ini, ada Pelita Pustaka, Pelita Guru Mandiri, Pelita Asri (Aman, Sehat, Ramah lingkungan, red). Tujuannya untuk membantu pengembangan pendidikan sekolah dasar di lima kabupaten di Riau,'' kata Sundari.

Ia berharap dengan adanya program ini, pendidikan di daerah-daerah sekitar operasional PT RAPP semakin baik, sehingga bisa melahirkan siswa-siswa berprestasi di Riau.

''Kita berharap program ini bisa melahirkan siswa-siswa berprestasi di Riau,'' ujarnya. ***