RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dan Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan Bupati Inhu periode 2010-2015. Penyampaikan LKPJ ini dilaksanakan melalui sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Inhu, Miswanto SE, Selasa (19/5/2015).


Turut hadir pada paripurna penyampaian LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan Bupati Inhu periode 2010-2015 tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, pimpinan BUMN dan BUMD.


Dalam pidato pengantar, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengungkapkan bahwa penyampaian LKPJ ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan APBD sekaligus sebagai bahan kajian untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.


Lebih lanjut, dalam penyusunan LKPJ tersebut menjelaskan beberapa point, diantaranya arah kebijakan umum pemerintah daetah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, penyelenggaraan urusan disentralisasi dan penyelenggaraan tugas pembantuan serta penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.


Terkait potensi unggulan daerah, sampai saat ini Pemda Kab. Inhu terus menggali dan mengembangkan berbagai potensi baik dari bidang kehutanan dan perkebunan, bidang pertanian, bidang pertambangan, bidang perindustrian, jasa perdagangan dan koperasi yang sampai saat ini secara umun mengalami peningkatan yang cukup baik. Berangkat dari hal itu, diharapkan dukungan semua pihak agar potensi-potensi lainnya dapat dikembangkan secara maksimal.


Terkait dengan LKPJ tahun 2014 dan LKPJ akhir masa jabatan, memuat visi, misi, strategi, kebijakan dan prioritas daerah. Dalam upaya memperokokoh pencapaian visi Kabupaten Inhu, maka ditetapkan misi pembangunan Kabupaten Inhu tahun 2010-2015, yaitu mewujudkan daya saing daerah, mewujudkan suasana kehidupan masyarakat dan menyelenggarakan pemerintah yang demokratis, mewujudkan suasana aman, damai dan harmonis yang bermoral, beretika dan berbudaya serta mewujudkan daerah yang memiliki peran pada tingkat regional.


Sedangkan terkait tentang APBD, sejak tahun tahun 2010 dengan besaran anggaran sebesar 681 milyar lebih dan terjadi peningkatan pada tahun 2014. Berdasarkan besaran anggaran yang dianggarkan sebesar 1,937 triliyun lebih ditahun 2014 dan terealisasi sebesar 1,736 triliyun. Berdasarkan data tersebut, jika dibandingkan tahun 2010, APBD Kabupaten Inhu mengalami peningkatan sebesar 154,90 persen.


Sementara itu, sehubungan dengan program dan kegiatan terkait pentelenggaraan tugas umun pemerintahan, yang menjadi salah satu point penting adalah terkait pembinaan batas wilayah Kabupaten Inhu dengan beberapa kabupaten lainnya diantaranya Kuantan singingi, Inhil dan Pelalawan. Dari permasalahan batas wilayah tersebut, beberapa sudah dapat diselesaikan dan tahun ini akan terus diupayakan untuk diselesaikan. Untuk pencegahan dan penanggulangan bencana serta terkait penanganan karhutla dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, Pemkab Inhu terus berkoordinasi bersama berbagai pihak untuk dapat mencapai kondisi yang diharapkan.


Dari berbagai peningkatan yang berhasil dicapai selama tahun 2014 dan dalam periode lima tahun tersebut, pastinya masih terdapat beberapa kekurangan yang masih menjadi tantangan kedepan. Maka dari itu, diharapkan kepada seluruh elemen baik pemerintah maupun swasta untuk terus berkomitmen dalam melayani, memberdayakan serta membangun masyarakat demi mencapai kesejahteraan yang merata diseluruh wilayah kabupaten Indragiri Hulu.


Usai menyampaikan pidatonya, dengan didampingi oleh Wakil Bupati H Harman Harmaini, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyerahkan 2 buku yang berisikan tentang laporan yang telah disampaikan diantaranya, buku LKPJ akhir tahun 2014 dan buku LKPJ akhir masa jabatan yang berisi tentang rangkuman penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama periode 5 tahun kepada Ketua DPRD Kabupaten Inhu Miswanto. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/1jpg-2216.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM serta Ketua DPRD Inhu Miswanto SE dan Wakil Ketua DPRD Inhu saat paripurna LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/2jpg-2215.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM serta Ketua DPRD Inhu Miswanto SE dan Wakil Ketua DPRD Inhu saat paripurna LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/3jpg-2214.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE saat menyampaikan pidato pengantar LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/4jpg-2213.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyerahkan LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan kepada Ketua DPRD Inhu Miswanto SE.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/5jpg-2212.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM, Ketua DPRD Inhu Miswanto SE dan wakil ketua DPRD Inhu berfoto bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/6jpg-2211.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersalaman dan bercengkrama dengan anggota DPRD Inhu usai pelaksanaan paripurna LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/7jpg-2210.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersalaman dan bercengkrama dengan anggota DPRD Inhu usai pelaksanaan paripurna LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20052015/8jpg-2209.jpgBupati Inhu H Yopi Arianto SE bersalaman dan bercengkrama dengan anggota DPRD Inhu usai pelaksanaan paripurna LKPJ akhir tahun 2014 dan akhir masa jabatan.

Narasi: Jefri Hadi
Foto-foto: Humas Setdakab Inhu