BERQURBAN bukanlah sekedar tradisi tahunan, namun sebuah anjuran yang wajib dilakukan umat muslim yang mampu membeli hewan qurban seperti sapi, kambing dan kerbau. Qurban yang sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW ini mengandung hikmah yang luar biasa. Salah satunya menanamkan jiwa sosial untuk berbagi dengan sesama. Hal ini juga yang dilakukan oleh PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) di setiap Hari Raya Idul Adha. Perusahaan senantiasa menyisihkan sebagian penghasilannya setiap tahun untuk berbagi kepada sesama khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah operasional perusahaan.


Tahun ini RAPP mendistribusikan sebanyak 216 ekor kambing dan 29 ekor sapi kepada 131 desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan di 5 Kabupaten di Riau di antaranya 38 desa di Kabupaten Pelalawan menerima 63 hewan qurban, 18 desa di Kabupaten Kampar menerima 34 hewan qurban, 18 desa di Kabupaten Siak menerima 31 hewan qurban, 42 desa di Kabupaten Kuansing menerima 84 hewan qurban, dan 15 desa di Kabupaten Kepulauan Meranti menerima 33 hewan qurban.


''Program Community Development RAPP menjadi cara terbaik untuk membuat sebuah pagar sosial dalam mengentaskan kemiskinan. Mudah-mudahan hewan qurban ini bisa bermanfaat dan dinikmati masyarakat, sehingga apa yang disampaikan oleh pemilik perusahaan, kehadiran RAPP bukanlah sebagai tamu, melainkan sebagai bagian dari masyarakat,” kata Direktur RAPP, Rudi Fajar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28092015/qurban3jpg-3091.jpg
Perwakilan RAPP ketika memberikan hewan kurban ke salah satu desa di estate Logas, Kuansing.

Selain bantuan hewan qurban, sebanyak 75 ekor hewan qurban dihimpun dari karyawan RAPP yang dikelola melalui Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA) untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Pangkalan Kerinci. Hewan qurban tersebut merupakan kontribusi karyawan yang berqurban di 3 Masjid di antaranya Masjid At-Taqwa Townsite I, dengan jumlah 39 sapi dan 6 ekor kambing, Masjid Al-Muhajirin Komplek BLI sebanyak 8 kerbau, 2 sapi, 1 kambing, serta di Masjid Al-Mubarok Townsite II sebanyak 15 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Ads

Daging-daging hewan qurban tersebut didistribusikan ke Asisten Rumah Tangga yang bekerja di lingkungan Riau Komplek, sebagian karyawan RAPP yang tidak dapat berkurban, kontraktor, pemotong hewan qurban, masyarakat yang ada di sekitar operasional perusahaan, di antaranya Desa Kerinci Timur, Desa Simpang Kualo, BLP Bawah, Masjid Taqwa Jalan Mes Pemda, dan Pesantren Rawang Kao di mana sapi sebelumnya tetap disembelih oleh panitia qurban Masjid.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28092015/qurban5jpg-3090.jpg
Perwakilan RAPP ketika memberikan hewan kurban ke salah satu desa di Kepulauan Meranti.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh subsidiari APRIL Group, PT Gemilang Cipta Nusantara (GCN). Direktur GCN, Dian Novarina, menuturkan sebanyak 8 ekor kambing telah didistribusikan untuk wilayah Restorasi Ekosistem Riau (RER) di Semenanjung Kampar yang tersebar di Desa Segamai, Desa Gambut Mutiara dan Dusun Sangar (Desa Pulau Muda) dan 7 ekor kambing untuk wilayah RER di Pulau Padang meliputi Desa Mengkirau, Desa Sungai Tengah dan Desa Sungai Anak Kamal.


Peran aktif perusahaan dan karyawan RAPP dalam kegiatan keagamaan di setiap Hari Raya Islam ini mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Pelalawan, Zulkifli. Ia mengapresiasi langkah perusahaan yang konsisten membangun masyarakat melalui kegiatan keagamaan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28092015/qurban6jpg-3089.jpg
Penyerahan  bantuan hewan qurban secara simbolis oleh manajemen RAPP  kepada para stakeholder di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT).

''RAPP telah memiliki lembaga sendiri yang terstruktur untuk mengurus bidang keagamaan, sehingga RAPP tidak hanya menjalankan peran bisnis saja tetapi juga peran agama dan kami sangat mengapresiasi di mana peran bisnis dan agama ketika dipadukan akan saling menopang,'' ujar Zulkifli. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28092015/qurban7jpg-3088.jpg
Salah satu anak perusahaan RAPP, PT. GCN, turut meyumbangkan hewan qurban di Desa Mengkirau, Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti.