PEKANBARU, GORIAU.COM - Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Pancasila, Jakarta melakukan kunjungan ke Bank Riau Kepri di Pekanbaru. Kunjungan dimaksut untuk menambah materi tentang manajemen perusahaan yang dinilai bisa memberikan wawasan bagi mahasiswa.


''Kenapa kita memilih Bank Riau Kepri?, Bagi kami Bank Riau Kepri merupakan bank yang besar dan sukses dibanding dengan BUMD lainnya. Dan Bank Riau Kepri masuk dalam kriteria penilan kami untuk dikunjungi,'' jelas dosen pendamping Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Dr. Sri Widyastuti, SE., MM., MSi.


Sri Widyastuti mencontohkan, dalam materi kuliah umum yang disampaikan Dirut Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari dapat memberikan motvasi kepada mahasiswa. Sehingga mahasiswa mendapat pelajaran baru dari kunjungan  tersebut, yang menurutnya lain dari kunjungan ke perusahaan lain.


''Saat ini Bank Riau Kepri sedang melakukan change management yang pelaksanaanya ini bisa kita tiru. Dalam kuliah yang disampaikan tadi, bagaimana perusahaan yakni Bank Riau Kepri melakukan perubahan manajemen menjadi perusahaan ke arah konvensional atau full bisnis,'' terangnya.


Sebab selama ini,  terang Sri Widyastuti, BUMD identik dengan penggunaan kas daerah atau pengumpulan uang daerah. Sebaliknya, Bank Riau Kepri menurut mereka lebih terfokus menjadi bank besar yang tidak tergantung kepada uang daerah atau pemerintah.


Dari kunjungan tersebut, Sri Widyastuti berharap ada kelanjutan kerjasama antara Universitas Pancasila dengan Bank Riau Kepri. Dengan adanya memorandum of understanding (MoU) diharapkan bisa memberikan keuntungan kedua belah pihak, seperti salin sharing informasi.


Menyambut kunjungan mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Pancasila, DR Irvandi Gustari mengaku bangga dapat menularkan pengetahuan kepada mahasiswa. Sebab dengan demikian, menurutnya dapat menumbuh kembangkan kader bangsa yang sedang berproses di perguruan tinggi.


Ditambahkannya, bersamaan saat ini Bank Riau Kepri juga sedang melakukan perubahan manajement untuk menjadi sebuah bank besar. Dengan kunjugan tersebut, menurutnya dapat menjadi motivasi juga kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam melakukan perubahan tersebut.


''Saat ini kita sedang menerapkan ilmu manajemen perubahan. Memang tidak semuanya dari teori yang saya dapat saya implementasikan. Di Riau ternyata berbeda, untuk melakukan perubahan kita harus bersinergi dengan yang lain dan harus menggandeng semua pihak,'' terangnya.


Selanjutnya Irvandi Gustari menyebutkan lima pilar yang akan diwujudkan Bank Riau Kepri untuk melakukan perubahan. Yakni Peningkatan Lending terutama untuk UMKM, Peningkatan Funding  dengan menyetarakan antara dana pemda dan non pemda, peningkatan SDM  budaya kerja serta kompetensi, peningkatan internal kontrol dan  peningkatan operasional.


''Kita merubah mindset yang sudah ada. Merubah pola pikir karyawan yang sudah merasa nyaman untuk meningkatkan service kepada konsumen. Bukan meningkatkan pelayanan,'' jelasnya. ''Kalau pelayanan yang kita tingkatkan, tentu kita akan menjadi pelayan. Tetapi service yang kita berikan tentu orang lebih senang untuk diperhatikan,'' tambahnya. (rls)