PEKANBARU – Akibat curah hujan tinggi dan banjir bandang di Sumatera Barat (Sumbar), Riau mulai menerima dampaknya. Salah satunya, seperti mulai naiknya permukaan air di danau PLTA Koto Panjang, Kampar.

‘’Pihak PLTA Koto Panjang sudah melakukan tambahan bukaan pintu air. Namun memang belum begitu berdampak pada debit air utamanya di Sungai Kampar,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal, Senin (13/5/2024).

Meski begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, hingga saat ini belum menerima laporan adanya warga Riau yang menjadi korban akibat bencana banjir bandang yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar). Namun demikian, pihaknya hingga saat ini masih terus menjalin koordinasi dengan BPBD setempat.

Edy Afrizal mengatakan, dari informasi yang pihaknya terima akibat bencana banjir bandang tersebut sudah ada beberapa orang yang menjadi korban. Namun, apakah diantara beberapa korban tersebut ada warga Riau, pihaknya masih belum mendapat laporan.

“Belum ada laporan, biasanya kalau ada warga Riau yang menjadi korban akan ada laporan ke kami,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kekhawatiran akan kemungkinan adanya warga Riau yang menjadi korban bencana alam tersebut menurutnya wajar saja. Pasalnya, pada momen libur akhir pekan biasanya banyak warga Riau yang berlibur ke Sumbar.

“Apalagi akhir pekan ini merupakan libur panjang setelah adanya cuti bersama. Namun kita tentunya berharap tidak ada warga Riau yang menjadi korban,” sebutnya. ***