MERANTI, GORIAU.COM - Bagi masyarakat yang berminat menjadi calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Tahun Angkatan (TA) 2015, Polda Riau telah membuka pendaftaran. Pendaftaran itu dimulai tanggal 22 Februari hingga 10 Maret 2015 mendatang.


Hal ini disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP. Zahwani Pandra Arsyad MSi melalui Kabag Sumda, Kompol H. Herman, Kamis (26/2/2015) sore. Dikatakan Kompol Herman, pembukaan calon anggota Polri telah dilaksanakan 5 hari yang lalu, mulai tanggal 22 Februari hingga 10 Maret mendatang.
"Bagi putra-putri Meranti yang berminat menjadi anggota Polri bisa diambil formulir pendaftarannya di SPN Polda Riau Jalan Pattimura, No 13, Pekanbaru," sebutnya.
Dilanjutkannya, saat ini Polri melalui jajaran di tingkat Polres yang ada di Polda Riau baru membuka seleksi calon anggota Polri dari Siswa Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). "Lama pendidikannya 6 bulan. Yang lulus seleksi langsung mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA, red)," katanya.
Sementara itu, persyaratan sumber jurusan Sarjana S1 seleksi calon anggota Polri baru bagi SIPSS, Polri telah menetapkan Ijazah Sarjana S1 yang bersumber dari Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Perkapalan, Teknik Lingkungan, Teknik Nuklir, Teknik Metalurgi, Teknik Penerbangan.
"Ijazah Sastra meliputi Arab, Mandarin dan Jepang. Dan sumber ijazah S1 lainnya seperti Desain Grafis, Ekonomi Pembangunan, Mipa Biologi, Sandi Negara, Antrhopometri (olahraga), Agama Islam, Manajemen Logistik serta Kataketik," rincinya.
Sedangkan persyaratan Ijazah D-IV, Polri menetapkan ijazah jurusan Ahli Teknika TK.III. "Wajib memiliki ijazah Nautika TK.III dari Ditjen Hubungan Laut. Untuk umur maksimal 26 tahun dan belum menikah," tuturnya.
Nantinya, dikatakan Herman, calon siswa SIPSS yang telah mendaftar akan mengikuti pemeriksaan dan uji administrasi, kesehatan, psikologi, kemampuan jasmani dan akademik.***