PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau menyerukan pentingkan memeriksakan kesehatan secara rutin dan berkala. Terlebih kepada masyarakat dengan intensitas pekerjaan yang cukup tinggi.

Begitu juga terhadap pekerja yang beraktivitas pada waktu sore dan malam hari. Mereka yang bekerja dalam rentang waktu tersebut secara rutin akan mendatangkan respon penyakit dalam lebih besar.

Terkadang banyak faktor juga yang membuat mereka malas untuk memeriksakan kesehatan, apalagi secara rutin dan berkala. Misal waktu yang sedikit hingga tidak sanggup membayar biaya pemeriksaan.

Sebagai langkah antisipasi agar masyarakat tidak berlarut-larut malas untuk peduli terhadap kesehatan, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, berencana melakukan kunjungan ke 12 titik di Kota Pekanbaru untuk pengobatan gratis.

Seperti Jalan Harapan Raya, Sudirman, A Yani, Riau, Nangka, Soebarantas, Hangtuah, Soekarno Hatta, dan Arifin Achmad. "Tujuan agar mereka yang bekerja dengan resiko penyakit bisa memanfaatkan kunjungan kita ini," kata Kadiskes Riau, Zainal Arifin.

Dalam kunjungan pengobatan gratis tersebut, Diskes Riau ikut menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Bagi yang belum memiliki BPJS, disarankan untuk segera mengurusnya.

"Dengan Rp25 ribu, masyarakat sudah memiliki asuransi kesehatan. Artinya masyarakat bisa berobat di rumah sakit manapun tanpa memikirkan biaya," imbuhnya.***