TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Pelabuhan turun naik penumpang yang ada di Lahang Kecamatan Gaung Indragiri Hilir (Inhil) telah lama mengalami kerusakan, namun karena tidak kunjung diperbaiki oleh pihak terkait akhirnya pelabuhan tersebut runtuh sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk bersandar speedboad dan turun naik penumpang.

Salah seorang warga Lahang, yang tidak ingin disebutkan namanya kepada GoRiau.com, Kamis (31/7/2014) mengatakan, pelabuhan tersebut sudah lama mengalami kerusakan, namun tidak ada juga perbaikan yang dilakukan sehingga pelabuhan tersebut akhirnya benar-benar runtuh keseluruhan.

''Saat ini untuk naik turun penumpang melalui pelabuhan mereng yang biasanya digunakan kusus penyebrangan sepeda motor. Namun masalahnya para penambang tidak kasih izin speedboad parkir di sana,''katanya menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa jika dalam waktu 2 bulan pelabuhan tersebut tidak kunjung diperbaiki, maka Ia akan mengajak warga lahang untuk mengumpulkan dana sukarela agar dapat memperbaiki pelabuhan tersebut,'' sebutnya.

''Saya sebagai warga asli Lahang, jadi emosi juga melihat hal ini. Padahal dari pelabuhan itu masih rusak kecil sudah disampaikan kepada pihak terkait, namun tak kunjung ada tindakan yang diambil,'' ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Kabupaten Inhil, Tantawi Jauhari mengatakan bahwa runtuhnya pelabuhan tersebut akibat pontonnya yang bocor. ''Ia, tahun ini akan kita bangun pelabuhan di sana menggunakan High Density Polyethylene (HDPE),'' jelas Tantawi.

''Saat ini sudah selesai lelang, tinggal pelaksanaan. Bulan ini mungkin sudah mulai pengerjaannya,'' katanya lagi.(ayu)