PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Pelalawan, optimis peningkatkan produksi pertanian sebesar 10 persen tak terkendala oleh musim panas yang lama. Namun jika musim panas terjadi sampai Agustus atau September, target peningkatan 10 persen pesimis dapat tercapai.

Disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Pelalawan, Ir Syahpahlevi, Selasa (7/7/2015), untuk mengejar target peningkatan 10 persen ada beberapa langkah yang dilakukan pihaknya.

Disebutkannya, langkah-langkah itu diantaranya pemilihan benih unggul, penataan kawasan, penerapan panca usaha tani dan berbagai langkah lainnya.

"Kembali lagi, bahwa peningkatan produksi pertanian 10 persen akan tercapai jika faktor alam juga mendukung. Jika faktor alam tak mendukung, sebagus apapun program akan percuma saja," ujar Syahpahlevi.

Menurutnya, untuk penataan kawasan sebagai langkah upaya peningkatan 10 persen itu maka dengan 7.600 hektar lahan padi yang ada di daerah ini, maka 1.600-2.000 hektar diantaranya akan dipergunakan benih IP 200.

"Pada titik yang dipergunakan IP 200 itulah, akan dibenahi irigasinya. Salah satu upaya penataan kawasan itu dengan cara membenahi irigasinya," terangnya.

Syahpahlevi menambahkan, di Riau untuk swasembada beras masih jauh, namun harus terlebih dahulu dilakukan peningkatan produksi pertanian.

"Artinya, kalau produksi pertanian meningkat maka arah ke depannya memang swasembada beras," tandasnya.(***)