PEKANBARU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menggelar rapat identifikasi dan kolaborasi soal penyelesaian masalah yang ada di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

"Ini kita rapat kolaborasi penyelesaian masalahnya. Kalau tim kerjanya kan memang sudah kita siapkan sejak Maret lalu untuk melakukan identifikasi lapangan," ungkap Siti Nurbaya kepada GoRiau.com, Sabtu (23/7/2016) di Mirror Room, Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dalam melakukan identifikasi, KLHK telah menunjuk tim advisor yang digawangi oleh Chalid Muhammad dan Hariadi Kartodiharjo untuk berinteraksi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait yang memahami kondisi lapangan.

"Tim advisor telah berinteraksi dengan LSM yang memahami kondisi nyata di lapangan. Jadi kita sudah punya data lapangannya," kata Menteri LHK yang telah berada di Riau selama tiga hari sejak Kamis (21/7/2016) lalu itu.

Saat ini, KLHK tengah melakukan revitalisasi kawasan Tesso Nilo, yang mana, di dalam kawasan itu mencakup bekas hutan produksi yang sudah menjadi konsensi dan eks konsensi perusahaan yang telah dicabut izinnya.

"Kita tahu bahwa taman nasional sisanya tinggal sepertiga. Sisa lainnya sudah diokupasi (penyerobotan)," tutupnya. ***