SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kalau tak ada aral melintang, Senin (6/7/2015) siang pasar batu akik di Jalan Banglas Selatpanjang Kepulauan Meranti dibuka. Dilanjutkan pula dengan kontes batu akik pada bulan depan.


Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kepulauan Meranti, Joko Surianto Slamet, Senin pagi. Kata Joko, untuk menarik minat batu di Kota Sagu, mereka juga telah mendatangkan asosiasi batu akik dari beberapa kabupaten kota se Riau.
"Siang ini pasar batu akik kita buka," kata Joko.
Ditambahkan Joko pula, untuk beberapa hari kedepan, beberapa perwakilan dari asosiasi batu akik di Riau akan hadir di Meranti. Mereka berasal dari Pekanbaru, Bengkalis, Duri, Kampar, dan Rengat. "Mungkin untuk beberapa hari kedepan anggota asosiasi itu hadir di Meranti. Mereka untuk memancing animo masyarakat kita," ujar Joko pula.
Untuk falistas pasar akik ini, DPKP akan memanfaatkan puluhan meja yang semua diperuntukkan bagi pedagang takjil.
Selain itu, untuk meramaikan, tambah Joko, beberapa kios yang sudah disewa akan dibuka. Mereka bisa menjual pakaian, dan kopi.
"Bukanya dari siang bisa sampai malam. Kan sudah ada lampu. Kita harapkan ini akan bertahan lama, sebab rencananya bulan depan akan ada kontes batu akik," jelas Joko.(zal)