PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Penutupan semarak pekan Muharam 1436 H di Plaza Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian, Sabtu (25/10/2014), selain dihadiri artis penyanyi dangdut kontes KDI, Novy Ayla, tampak juga hadir Bupati Rokan Hulu, Wakil Bupati, Setdakab, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Frokopimda, para pelajar, masyarakat dan lainnya.

Pada kesempatan itu, disampaikan Bupati Rokan Hulu Achmad, tamu yang hadir untuk menyemarakan pekan 1 Muharam di Kabupaten Rokan Hulu, juga datang Provinsi tetangga seperti Sumatera Utara (Sumut), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan lainnya.

''Ini bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah untuk membangun daerah ini menjadi negeri berdzikir, negeri religius, kita lihat dari seluruh penjuru sibuk dalam kegiatan ini,'' sebut Achmad dalam sambutannya.

''Nanti malam, untuk menutup semua rangkaian kegiatan pekan 1 Muharam selama satu pekan terakhir, karena umat Islam di Rokan Hulu telah disibukkan dengan beragam kegiatan keagaaman, kita akan mendengar tausyiah dari pakar ilmu hadits Provinsi Riau Alustadz Abdul Somad,'' jelasnya.

Masih di tempat yang sama, usai penutupan kegiatan, Wabup Rokan Hulu Hafith Syukri mengatakan, puncak perayaan 1 Muharam yakni pawai takruf, terlihat dihadiri puluhan ribuan peserta pawai, kegiatan ini melibatkan seluruh kecamatan di Negeri Seribu Suluk. ''Dalam memaknai filosofi daerah, karena dititipkan kepada kita julukan Negeri Seribu Suluk itu tidaknya hanya slogan, tapi dibuktikan dalam hal aplikasi program-program keagaam kepada masyarakat,'' terangnya.Masyarakat, berbondong-bondong datang ke Rokan Hulu hanya untuk berpartisipasi dalam pekan Muharam ini. ''Apalagi masyarakat luas di seluruh penjuru bisa mengetahui kegiatan kita melalui internet, sehingga begitu gencarnya masyarakat dan pemerintah melaksanana program-program keislaman, memang pemerintah daerah sudah mempropyeksikan jika Kabupaten Rokan Hulu nanti sebagai pusat pengembangan Islam di Pulau Sumatera,'' papar Wabup.

Sambung Wabup Rohul, jadi perlu sinergitas masyarakat dan pemerintah dalam membangun daerah. Dalam kesempatan itu, terlihat ratusan piala dipajang untuk dibagikan kepada pemenang perlombaan berbagai even, baik lomba, Rebana, MTQ, Pildacil, Anak Sholehah, Hafiz Alquran, Fashion Show dan beragam lomba lainnya. (ram)