PEKANBARU - Pengurus Daerah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Pekanbaru menggelar kegiatan Lomba Rebana dalam rangka menyemarakkan Milad ke-18 di Aula Kantor Walikota, Selasa (09/02/2016).

Kegiatan Lomba Rebana dibuka oleh Asisten IV Setko Pekanbaru Dr. Hj. Mutia Eliza, MM. Turut hadir dalam acara ini Ketua BKMT Dr. Hj. Nurhasanah, MA dan Asisten Lembaga Sosial Kesehatan serta peserta rebana 12 kecamatan.

Ketua BKMT Dr. Hj. Nurhasanah, MA mengatakan, rebana merupakan salah satu bentuk seni budaya Islam yang mempunyai fungsi dakwah, sebab didalam syair atau lagu yang disampaikan didalam umumnya penuh dengan pesan-pesan agama.

"Dakwah itu tidak hanya dengan metode ceramah, wirid pengajian, tapi dakwah juga bisa dilakukan lewat seni. Oleh sebab itu dalam rangka Milad ke-18, PD-BKMT mencoba untuk memperlombakan rebana yang ada di Kota Pekanbaru," kata Nurhasanah.

Melalui kegiatan ini, Nurhasanah berharap peserta rebana dari12 kecamatan akan lebih baik lagi dan dapat mengikuti perkembangan yang ada, sehingga kedepan kesenian rebana ini betul-betul menjadi kesenian yang baik dan diminati oleh masyarakat Pekanbaru.

Asisten IV Setdako Pekanbaru Dr. Hj. Mutia Eliza, MM menyebutkan, Pemerintah Kota Pekanbaru menyambut gembira atas diselenggarakannya lomba rebana ini, selain untuk menggiatkan syiar Islam, juga sebagai media penyaluran bakat bagi kaum wanita Kota Pekanbaru, khususnya kelompok-kelompok pengajian.

"Selain itu, kegiatan ini juga akan memperkaya khasanah seni Islami yang mencerminkan tradisi Melayu sebagai adat resam khasanah budaya bumi bertuah ini," kata Mutia.

Mutia juga bepesan kepada seluruh peserta rebana agar dapat mengikuti lomba yang ditaja PD-BKMT dengan baik, teratur , sopan dan mengikuti hingga selesai.

"Kepada penyelenggara acara ini agar dapat menanamkan kesan berupa nilai-nilai etika dan moral dalam keluarga, lingkungan, serta kehidupan bermasyarakat," lanjutnya.

Mutia juga mengharapkan peserta lomba rebana juga dapat menambahkan kreatifitas Islami, menanamkan rasa persahabatan antar peserta lomba dan juga dapat mendukung visi dan misi mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani. ***