BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Peringatan Milad pondok pesantren Al Majidiyah Bagan Batu yang dipimpin oleh anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan, H.Bachid Madjid, akan mengadakan pertandingan Musabaqah Tilawatil Quran antar Ponpes se-Sumatera yang rencana akan dilaksanakan 15 sampai 18 Februari 2015.

Menurut keterangan H. Bachid Madjid kepada GoRiau.com, Senin (26/1/2015), sudah 22 ponpes dari Pekanbaru, Dumai, Kampar, Bengkalis, Pangkalan Kerinci, Medan, Aceh dan Padang menyatakan akan ikut pada pertandingan MTQ Milad ke-3 Ponpes Al Majidiyah ini, namun sayangnya, hingga detik ini, tak satupun pondok pesantren dari Rohil yang mengutuskan pesertanya pada peringatan MTQ ini.

''Saya sudah mengundang ponpes dari 18 kecamatan se-Rohil. Namun sayangnya tak satupun yang mengutuskan pesertanya. Apakah selamanya kita harus mengambil peserta dari luar daerah jika ada pertandingan MTQ nantinya,'' ketus H. Bachid Madjid yang anaknya menjuarai MTQ Provinsi Riau di Inhil baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa H. Akib ini mengungkapkan, ratusan juga sudah dikuras dari kantong pribadinya hanya semata-mata ingin mengembalikan kejayaan putra daerah dalam menguasai Al Quran. Dia menyebutkan, jika tidak mempunyai kemampuan dalam mengikuti lomba, setidaknya mendaftar untuk kategori fahmil Al Quran.

''Semuanya sudah saya persiapkan. Akomodasi, penginapan, uang pembinaan, uang saku, transportasi, dan sebagainya. Namun sangat saya sayangkan tak seorangpun yang berani mendaftar menjadi peserta MTQ,'' kata H. Akib.

Dia menagih komitmen pemerintah daerah yang mengedepankan magrib mengaji dan meminta agar menempatkan Al Quran sebagai pedoman hidup masyarakat sehari-hari. Atas ketidakikutsertaan peserta dari Rohil, H. Akib juga akan meminta keterangan dari Kemenag terkait hal itu.

''Jika memang tidak ada satupun peserta dari Rohil, lebih baik ditutup saja Ponpes Al Majidiyah ini,'' sesal H. Akib. (amr)