BENGKALIS, GORIAU.COM - Sekitar pukul 12.40 WIB, , Minggu (4/10/2015), pesawat Saudi Arabia Airlines yang membawa 214 orang Jamaah Haji (JH) asal Kabupaten Bengkalis (termasuk 3 orang petugas haji) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 02 BTH (Batam), mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Meskipun demikian, salah seorang JH atas nama Ramlah binti Abdul Razak Mukmin asal Kecamatan Bantan, Senin (5/10/2015) besok, kemungkinan belum bisa langsung pulang ke Kabupaten Bengkalis. Pasalnya, sebagaimana keterangan yang berhasil dihimpun dari Kantor Pelayanan Kesehatan (KKP) Batam, JH perempuan berusia 87 tahun ini, saat ini masih dirawat di Rumah Sakit (RS) Otorita Batam akibat penyakit Paru-Paru Obkstruktif Kronik (PPOK).

Masih menurut sumber di PPK Batam, karena menderita penyakit tersebut, setelah pesawat Saudi Arabia Airlines mendarat di Batam, Ramlah binti Abdul Razak Mukmin langsung dibawa ke RS Otoritas Batam dengan ambulance, tidak ke Asrama Haji Batam sebagaimana JH lainnya.

Selain Ramlah binti Abdul Razak Mukmin, seorang JH lainnya juga langsung dilarikan ke RS Otoritas Batam. Meskipun sama-sama tergabung dalam Kloter 02 BTH, JH tersebut bukan berasal dari Kabupaten Bengkalis. Namun berasal dari Kabupaten Rokan Hulu. Yaitu atas nama Badul Sanji bin Sanji (75). Informasi yang diperoleh JH asal Rohul ini menderita stroke ringan.

Dihubungi terpisah, petugas kesehatan JH Bengkalis Irawadi membenarkan jika Ramlah binti Abdul Razak Mukmin saat ini dirawat di RS Otorita Batam. Akan tetapi sesuai permintaan keluarga, imbuhnya ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Senin pagi besok Ramlah binti Abdul Razak Mukmin tetap akan dipulangkan bersama JH Kabupaten Bengkalis lainnya.

''Secara medis masih memungkinkan dan kita sudah menyiapkan dokter untuk mendampingi dan merawatnya selama dalam perjalanan pulang dari Batam ke Bengkalis,'' jelas Irawadi seraya beberapa kali mengatakan keluarga JH bersangkutan yang meminta agar dibawa pulang ke Bengkalis Senin pagi besok.

Saat dihubungi Irawadi mengatakan tengah menyiapkan segala sesuatu untuk perawatan Ramlah Binti Abdul Razak Mukmin selama dalam perjalanan di kapal. Termasuk membeli kasur untuk yang bersangkutan selama di kapal.

Sementara Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie menjelaskan sudah meminta seluruh pihak terkait memberikan pelayanan yang terbaik kepada Ramlah binti Abdul Razak Mukmin selama dalam perjalanan pulang ke Bengkalis.

''Tadi kita sudah minta Asisten Perekonomian dan Pembangunan beserta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat untuk mengkoordinasikan dengan pihak terkait dan menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk membantu kepulangan JH atas Ramlah binti Abdul Razak Mukmin yang saat ini tengah dirawat di RS Otorita Batam,'' ujar Ahmad Syah.

Di samping itu, setibanya di Asrma Haji Batam ada 7 JH sempat diobersvasi di Klinik Asrama Haji Batam. Namun hasil observasi tersebut menyatakan kondisi ke-7 Jh tersebut sehat, hanya kelelahan saja. Ke-7 JH tersebut adalah Mualip Abdul Aziz Parto bin H Abdul Aziz (Desa Bantan Tengah, Kecamatan Bantan), Ibrahim bin Muhammad Syafrip (Kembung Luar, Bantan), Basri bin Husin Abdullah (Sepahat, Bukit Batu), Abdul Manaf bin Jaafar (Rimba Sekampung, Bengkalis),

Kemudian, Aminah Abdullah Arifin binti Abdullah (Kecamatan Bukit Batu), dan Azril Syam bin Zainoel (Rimba Sekampung, Bengkalis). Sedangkan yang terakhir adalah Tugio Bin Muhammad Ali. Saat diobservasi mereka mendapat kunjungan khusus dari Pelaksana Tugas Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Ahmad Syah.

Menurut Kasubbag Sosial Kemasyarakatan Bagian Kesejahteraan H Hambali, para JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 02 BTH dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara ini, besok bertolak dari Asrama Haji Batam ke pelabuhan Sekupan sekitar pukul 06.30 WIB.

''Diperkirakan sekitar pukul 07.00 WIB seluruh JH sudah berada di Kapal Dumai Line 5. Dan sekitar pukul 07.30 WIB kapal yang akan membawa mereka pulang ke Bengkalis meninggalkan pelabuhan Sekupang Batam,'' jelas Hambali seraya menambahkan bahwa Pj Bupati Bengkalis akan pulang ke Bengkalis satu kapal dengan para JH tersebut. ail