PASIRPANGARIAN, GORIAU.COM - Semarak pekan 1 Muharam 1436 H, sebanyak 487 penghafal di wisuda di Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pangaraian, Jumat (24/10/2014) malam. Pada kesempatan, Bupati Rokan Hulu Achmad menegaskan komitmennya kalau Negeri Seribu Suluk akan diprogramkan sebagai gudang penghafal alquran.

Pada kegiatan wisuda penghafal alquran sekaligus tabligh akbar itu tampak ribuan umat Islam memenuhi MAMIC Pasir Pangaraian. Tidak saja di dalam ruangan, bahkan sampai pada plaza masjid juga penuh sesak, tampak juga parkiran motor baik roda dua dan empat memadati lingkungan masjid, bahkan kenderaan hingga sampai ke jalan protokol depan Astaqa MTQ Pasir Pangaraian.

Tampil sebagai penceramah al-ustadz Abdul Haq. Selain dihadiri Bupati Rokan Hulu, turut hadir Setdakab Rokan Hulu, para stap ahli, para asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor, ribuan umat Islam dari berbagai penjuru di Rokan Hulu dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rokan Hulu menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan-pimpnan madarasah di 16 kecamatan se-Rokan Hulu, sebab telah mendukung program Pemkab Rokan Hulu untuk memasyarakatkan dan membumikan alquran di Negeri Seribu Suluk.

''Gerakan menghafal al-quran kita mulai sejak setahun lalu, kita berharap kegiatan ini menjadi tradisi bagi masyarakat Rokan Hulu. Setiap pergantian tahun atau tahun baru, hijriyah bisa mewisuda para tahfiz-tahfiz alquran, kita harapkan tahun depan bisa lebih ramai lagi,'' ujarnya.

Achmad sendiri belum merasa puas, meski telah berhasil mewisuda ratusan penghafal alquran, dan menilai ini merupakan start awal untuk melakukan terobosan, gebrakan baru dan peningkatan program, sehingga benar-benar berimplikasi pada masyarakat.

Bahkan Bupati Rokan Hulu telah berencana untuk membuat asosiasi penghafal alquran sehingga keberadaan mereka bisa terurus dan ada yang memfasilitasinya, karena pemerintah benar-benar ingin menjadikan Rokan Hulu sebagai basis penghafal quran tidak saja di Provinsi Riau, namun juga di luar Riau.

''Saya rasa baru kita yang bisa membuat seperti ini bisa mewisuda ratusan penghafal alquran sekaligus, ini harus kita dukungan dan semua pihak harus support terhadap program ini,'' pungkas Achmad. (ram)