BENGKALIS, GORIAU.COM - Ribuan peserta meramaikan acara jalan santai, sempena Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia, tingkat provinsi Riau di Bengkalis, Minggu (23/11/2014). Peserta berasal dari pelajar sekolah di Kota Bengkalis dan para guru serta pengurus PGRI kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

            Jalan santai dilepas Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh. Turut dihadiri Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, Wakil Ketua PGRI Pusat, Prof Dr Sudarman, Ketua PGRI Provisi Riau Isjoni, Sekretaris Daerah Burhanudin, serta seluruh Ketua PGRI kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Rute yang dilewati dalam jalan santai tersebut, dimulai dari Jend Sudirman (samping Lapangan Tugu), menuju Hos Cokrohaminoto - Jl Hang Tuah - Jl Patimura dan kembali lagi ke jalan Jend Sudirman menuju Lapangan Tugu. Berdasarkan, pantauan, barisan peserta jalan santai tampak mengeluar sepanjang jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan. Meskipun demikian, warga sekitar yang menyaksikan barisan peserta jalan santai, tetap sabar menunggu antrean.  

Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, menyambut baik pelaksanaan berbagai kegiataan sempena peringatan HGN dan HUT ke-69 PGRI tahun 2014 tingkat Provinsi Riau, kabupaten Bengkalis. Ajang ini selain sebagai upaya untuk meningkatkan silaturahmi di kalangan para tenaga pendidik atau guru, juga sebagai ajang untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

''Momentum HGN dan HUT PGRI di Bengkalis, sebagai ajang temu kangen. Saya yakin diantara guru dan pengurus PGRI kabupaten/kota, sebagian pernah mengecap pendidikan SPG atau SGO di Kabupaten Bengkalis. Mudah-mudahan, semakin mengingkatan silaturahmi dan sekaligus ajang untuk bertukar pengalaman,'' ujar Herliyan di sela-sela pelepasan jalan santai.

Lebih lanjut Herliyan mengatakan, sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas utama program pembangunan Kabupaten Bengkalis, karena melalui pendidikan akan melahirkan sumber daya manusia berkualitas, yang kelak mengisi pembangunan di  Negeri Junjungan yang kita cintai ini.

Dalam proses pendidikan, guru merupakan faktor utama dalam tugasnya sebagai pendidik. Peran guru dalam membangun dan mencerdaskan bangsa, sejatinya tak akan pernah tergantikan sampai kapanpun.

Menjadi guru adalah menjalankan peran yang sangat mulia. Karena di tangan seorang guru akan lahir generasi-generasi penerus bangsa. Di tangan guru pula akan muncul tokoh-tokoh atau kaum intelektual yang akan menjadi agent of change.(jfk)