RENGAT,GORIAU.COM - Ribuan masyarakat Belilas, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Sabtu (31/1/2015) malam, padati halaman Sekretariat DPC Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kecamatan Seberida yang terletak di Jalan Lintas Timur, Simpang 4 Belilas.

Kedatangan ribuan masyarakat tersebut bertujuan untuk menyaksikan prosesi alek (perhelatan) pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC PKDP Kecamatan Seberida, periode 2014-2015.

Salah seorang perantau minang asal Kabupaten Pariaman, Ajo Jamaris, saat ditemuai GoRiau.Com dilokasi acara menyebutkan, kedatangan acara ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu, karena hanya satu kali dalam lima tahun.

"Kedatangan kami sekeluarga pada acara ini selain untuk menyaksikan acara pelantikan pengurus, juga untuk menyaksikan tradisi tradisional daerah asli Minang Kabau khusunya asal Piaman", sebutnya.

Pantauan di lokasi acara, Tambua dan Indang Piaman serta tari persembahan yang ditampilkan para penari dari Padang Piaman, disusul dengan penampilan grup vokal para bundo kanduang PKDP yang melantunkan Masrs PKDP dan Lancang Kuning.

Selain Ketua DPW PKDP Provinsi Riau, Herman Nazar, beserta rombongan, tampak hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini, Camat Seberida, Yatno, Ketua IKMR Seberida Deky Ersanda, MM, Ketua IKTD Seberida dan ketua organisasi sosial lainnya serta para tamu undangan.(jef)