PEKANBARU, GORIAU.COM - Keberadaan posko-posko kesehatan di titik-titik rawan jalur mudik tidak bisa dipisahkan dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam mempersiapkan jalur mudik tahun ini.

Dimana seluruh stakeholder terkait sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Khusus untuk kesehatan sendiri, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau sudah melakukan koordinasi dengan instansi yang sama di tingkat kabupaten/kota.

Dimana juga menyiapkan posko-posko bantuan, atau bisa bergabung dengan posko yang ada. Seperti pihak kepolisian dan dinas perhubungan.

Namun untuk yang telah ada, seperti Puskesmas, Diskes Riau meminta agar tetap memaksimalkannya selama Ramadan.

"Terutama kepada Puskesmas 24 jam agar tetap buka selama Ramadan hingga lebaran," imbau Kadiskes Riau, Andra, Minggu (5/7/2015) di Pekanbaru.

Diungkapkannya, Provinsi Riau telah membentuk tim yang bersifat on call melibatkan bidang pelayanan kesehatan melalui UPT Penanggulangan Krisis Pengembangan SDM dan Kesehatan Olahraga Masyarakat dan UPT Instalasi Farmasi.

"Tim gerak cepat yang setiap awal tahun dibentuk juga stand by on call untuk kondisi yang tidak terduga nantinya," sambung Andra.***