JAKARTA- Keseriusan Pemerinta Provinsi Riau dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan tak terpukau pada iven yang sudah ada. Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata Riau juga merancang apa yang disebut dengan Riau Marathon yang rencananya akan digulirkan Desember 2016 mendatang.

Riau Marathon ini juga diajukan sebagai destinasi unggulan bersamaan dengan Pacu Jalur Kuansing, Bono Pelalawan, Tour de Siak, Gema Muharam Indragiri Hilir. Namun Menteri Pariwisata Arief Yahya mencoret alias menolak iven Riau Marathon Ini.

"Dari lima iven yang diajukan Riau sebagai calender iven nasional yang kita akomodir hanya empat. Yakni Bono Pelalawan, Tour de Siak, Gema Muharam, Pacu Jalur Kuansing. Tapi untuk 'Destinasi Unggulan' saya tetap minta Pak Gubernur memilih satu dari empat tersebut," ungkapnya, Jumat (27/05/2016) saat memberikan sambutan launching "Riau Menyapa Dunia" di Jakarta.

Meski demikian kata Menpar, pihak nya tetap mempersilahkan pihak Pemprov Riau untuk menggelar acara tersebut. "Ya kalau mau diselenggarakan kita tidak masalah, dan jika pihak Riau mampu sendiri tidak jadi soal malah bagus, tapi bukan masuk ke kalender kita," ujarnya.

Menpar Arief juga berpesan, agar Pemprov Riau segera merundingkan dengan beberapa stakeholder dan instansi terkait untuk memilih satu dari empat destinasi yang akan dijadikan unggulan di Riau. ***