PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski belum setenar Internasional Minangkabau Dragon Boat yang ada di Sumatera Barat, namun Iven Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing akan dibuat seperti. Namun dengan kemasan dan konsep yang lebih menarik dengan berbau wisata.

Salah satu fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menjual iven ini dengan membuat Paket Wisata tahunan ini. "Kita promosikan, kita jual dan kita gaungkan hingga tingkat internasional," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, Fahmizal Usman, Rabu (29/7/2015).

Pacu Jalur merupakan tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan puluhan tahun. Promosi yang masih minim, menjadikan iven tersebut baru sebatas sebuah perlombaan. "Konsep paket wisata sangat cocok untuk menarik wisatawan menyaksikannya," kata Fahmizal.

Dukungan dari semua terkait, termasuk Kementerian Pariwisata menjadi modal awal untuk promosi destinasi wisata Pacu Jalur. "Ini akan masuk menjadi 4 iven besar di Riau," lanjut Fahmi.

Menyediakan paket perjalanan wisata (tourism in bound) untuk destinasi ini nantinya tidak kalah manarik dengan wisata di Pulau Jawa dan Bali. "Iven pacu jalur memiliki keunikan dan nilai-nilai budaya yang sangat positif," tambah Fahmi.

"Secara bertahap ini akan kita benahi. Sebetulnya paket wisata Riau sudah banyak, tapi mayoritas 'travel agent' masih menawarkan destinasi pariwisata di luar Riau, seperti Sumatera Barat, Malaysia, Jakarta, Bali maupun Lombok. Sudah saatnya kita mempromosikan potensi wisata di daerah kita sendiri seperti pacu jalur yang Insyallah dibuka Agustus mendatang,'' sambung Fahmi.

Jika ini berjalan sesuai rencana, kata Fahmi, nantinya, masyarakat akan mendapatkan imbas positif berupa peningkatan kesejahteraan dari kunjungan wisatawan.

"Saya optimis hal itu terealisasi jika bisa dikemas dalam paket wisata yang komplit, tentu ini akan menambah jumlah pengunjung untuk datang ke Riau. Dengan demikian, ini bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, karena orang datang pasti bisa menghasilkan sumber pemasukan," tutupnya.***