PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pihak Polres Rohul sedikitnya mengerahkan 100 personil untuk mengamankan arus lalu lintas (lalin) saat digelarnya pawai taaruf penyambutan 1 Muharam 1436 Hijriyah yang digelar Pemkab Rohul dipusatkan di Simpanng SMKN I Rambah, Jalan Tuanku Tambusai Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah. 

Pengamanan personil Polres Rohul dilakukan di jalur dua Jalan Tuanku Tambusai, yang disebar di sejumlah titik tertentu untuk menghidari kemacetan lalin.

Selain melibatkan 100 personil Polisi, pengamanan juga libatkan 150 personil Polisi Pamong praja dan dari petugas Dinas Perhubungan 50 personil, sehingga total pengaman lalin di kegiatan pawai taarut 1 Muharam 300 personil.

Kasat Lantas Polres Rohul, AKP Rustam, Minggu (26/10/2014) mengatakan, 300 personil yang dilibatkan pengamanan pawai taaruf, difokuskan pada arus lalu lintas dan pengaturan tempat parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang tersebar di beberapa lokasi seperti di jalur dua Jalan Tuanku Tambusai, serta kompleks perkantoran bupati juga kawasan Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian.

Kesiapan personil pengamanan yang matang, tidak terlihat antrian kendaraan dan kemacetan di jalur dua Tunku Tambusai. Untuk pengendara arus mudik yang bukan peserta pawai pengamanan lalu lintas mengarahkan kendaraan roda dua menuju Jalan Kampung Baru atau jalan pintas ke kilometer 4.

Kasat Lantas juga mengakui, untuk pengamanan pawai taaruf polres Rohul menurunkan 100 personil, dibantu dari satpol pp sebanyak 150 personil dan 50 personil lagi dari Dinas Perhubungan, sehingga tidak terjadi kemacetan lalu lintas selama pawai berlangsung.

Kasat Lantas juga mengakui, selama pawai berlangsung belum ada kendala yang dihadapi di lapangan, termasuk laporan adanya kecelakaan lalu lintas, sehingga pelaksanaan pawai taaruf aman dan lancar. (ram)