RENGAT, GORIAU.COM - Sebagai organisasi mitra Polisi Republik Indonesia (Polri), Sentra Komunikasai (Senkom) mitra Polri siap membantu pemerintah dan polisi dalam memberikan informasi mengenai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) diseluruh pelosok daeraah yang ada di Provinsi Riau.

Ungkapan tersebu disebutkan Ketua umum pusat Senkom, H M Syirot, SH Sip, pada acara pelantikan pengurus Senkom Provinsi Riau, Sabtu (22/11/2014) di lapangan upacara Kantor Bupati Inhu.

Sedikitnya, 50 pengurus Senkom dan 500 anggota se Provinsi Riau dilantik dan mengikuti Diklat Kamtibmas dan Bela Negara di Kabupaten Inhu.

"Sebagai mitra Polri, Senkom siap memberikan informasi dimanapun dan kapanpun jika ada gangguan kamtibmas ke aparat terdekat", sebut Ketua Umum Senkom, M Syirot dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Senkom Provinsi Riau, H Suwito, dalam sambutannya menyebutkan, dari 12 Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, baru ada 8 Kabupaten/kota yang memiliki pengurus hingga ketingkat kecamatan dan telah di SK kan. "Pengurus Senkom yang telah dilantik, diharapkan bisa membentuk pengurus hingga ketingkat kecamatan", tandasnya.

Pembina Senkom pusat, Brigjen Pol Purn Drs Edi Muyadi dalam sambutan singkatnya menyebutkan, selamat dan sukses atas pelantikan anggota Senkom se Provinsi Riau ini. Dengan demikian, diharapkan Senkom bisa bekerja semaksimal mungkin dan dan sesuai tugas dan punsinya.

Selain itu tambahnya, dengan adanya Senkom ini diseluruh daerah di Provinsi Riau, diharapkan juga kerja sama kepala daerah dalam melakukan pembinaan. Baik itu dalam bentuk pelatihan maupun dalam bentuk lain, tukasnya.

Sementara itu, Bupati Inhu, H Yopi Arianto, dalam sambutannya membacakan sambutan Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan menyebutkan, selamat dan sukses atas pelantikan Senkom serta Diklat Kamtibmas dan Bela Negara ini.

Dikatakannya, Senkom diharapkan dapat mencipkan sinergitas kemitraan dengan jajaran polri dan membangkitkan serta menanamkan nilai-nilai kepedulian kepahlawanan dan empat pilar kebangsaan yang saat ini telah mulai luntur dan lenyap akibat perkembangan teknologi, globalisasi serta terkontaminasi budaya asing.

Selain itu, melalui Senkom ini hendaknya peran serta masyarakat dalam memelihara kamtibmas harus kembali diberdayakan dan ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keluarga dan lingkungan dari gangguan kamtibmas itu sendiri, tegasnya.

Selain Bupati Inhu, hadir pada acara tersebut, Sekda Inhu Raja Erisman, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, Kasat Lantas Inhu, beberapa pejabat eselon II,III dan IV, Tokoh Masyarakat, Banser, RAPI, AMPG, Perpabri, Hipmi, Pramuka dan beberapa ormas.(jef)