PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau Komplek (IKM-RK), salah satu paguyuban masyarakat yang ada di lingkungan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) secara resmi dilantik, Sabtu malam (24/1/2015) di Lapangan Merdeka, Komplek PT RAPP, Pangkalan Kerinci.

Pelantikan pengurus organisasi masyarakat Minangkabau ini digelar di lapangan terbuka dan merupakan kelanjutan dari hasil Musyawarah Besar IKM-RK yang memilih Dasrul Amri sebagai Ketua Umum periode selanjutnya.

Pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kabupaten Pelalawan, yang diwakili Datuak Rajo Lelo mengharapkan agar pengurus dapat menjalankan amanah yang diberikan organisasi dan mengayomi anggota yang ada. 

''Organisasi kita ini adalah organisasi sosial dimana kita selaku pengurus harus mendengarkan bagaimana kondisi dan aspirasi masyarakat. Kemudian sebagai pengurus harus jeli melihat situasi masyarakat demi persatuan dan kesatuan, terakhir harus menjalankan organisasi dengan ikhlas dan penuh kesadaran, karena organisasi ini tidak ada imbalan melainkan hanya pahala dan rahmat dari Allah SWT,'' paparnya.

Pengurus IKMR Kabupaten Pelalawan juga menitipkan para pengurus tersebut kepada manajemen PT RAPP, apabila ada hal-hal yang janggal ditemukan terkait perilaku dan lainnya, untuk dapat ditegur dan dinasehati, kemudian disampaikan kepada IKMR untuk dapat duduk bersama diselesaikan secara kekeluargaan.

Sementara itu, Ketua Umum IKM-RK periode 2015-2018, Dasrul Amri mengajak warga Minangkabau se komplek PT RAPP agar dapat terus mempererat hubungan kekerabatan dan solidaritas kekeluargaan di antara sesama warga yang ada di lingkungan perusahaan. 

''Kami berterima kasih kepada perusahaan dan para paguyuban yang hadir atas dukungan yang diberikan, semoga bisa menambah keakraban dan meningkatkan produktifitas kerja kita,'' ujarnya.

Ditambahkan Dasrul, sebagai perantau minang dengan kebersamaan dan harapan untuk saling bahu-membahu, warga Minangkabau hendaknya mampu memberikan kontribusi positif bagi daerah rantau dan kampung halaman. 

Paguyuban IKM-RK merupakan organisasi kemasyarakatan yang merangkul seluruh karyawan dan warga di Komplek PT RAPP yang berasal dari daerah Sumatera Barat atau memiliki darah keturunan suku Minangkabau. Melalui paguyuban ini diharapkan mampu memperteguh persatuan dan kesatuan masyarakat sehingga berkontribusi pada kelangsungan dan kesuksesan operasional perusahaan.

Turut hadir dalam pengukuhan IKM-RK tersebut, perwakilan manajemen PT RAPP, Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, H. Abdullah dan Markarius Anwar serta perwakilan paguyuban lainnya. (rls)