PEKANBARU, GORIAU.COM - Berdasarkan hasil rapat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau bersama kabupaten dan kota, Kamis (11/9/2014), diputuskan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Riau serentak dilakukan pada 20 September 2014 mendatang.

"Kita bersama kabupaten dan kota sepakat melaksanakan ujian serentak pada 20 September," kata Kepala BKD Riau, M Guntur, usai memimpin rapat bersama kabupaten dan kota.

Namun disebutkan Guntur, hasil rapat yang menetapkan pendaftaran dibuka pada 20 September tersebut akan dilaporkan ke masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), dalam hal ini kepala daerah masing-masing.

Artinya, waktu yang ditetapkan tersebut masih belum bisa dipastikan apakah semua kepala daerah setuju melaksanakannya. "Nantinya tergantung daerah masing-masing," kata Guntur.

Begitu juga dengan batas pendaftaran, Guntur hanya menyebutkan selama 14 hari kerja terhitung pada waktu pendaftaran yang dibuka.

Sementara mengenai sistem pendaftaran, disebutkan Guntur tetap mengacu kepada kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dimana menggunakan sistem online melalui situs panselnas.menpan.go.id. "Mudah-mudahan situs pendaftaran tersebut tidak mengalami kendala," ujar Guntur.

Menjelang dibukanya pendaftaran, BKD Provinsi Riau bersama kabupaten dan kota akan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Kita akan melakukan sosialisasi ke masyarakat, baik teknis pendaftaran hingga ujian nantinya," kata mantan Kepala Biro Tata Pemerintah Setdaprov Riau ini.

Persyaratan sendiri tergantung dari kabupaten dan kota masing-masing. "Untuk Provinsi Riau sendiri tetap menggunakan KTP Riau, namun ada beberapa kabupaten kota yang menggunakan syarat KTP Provinsi, seperti Kota Pekanbaru. Sementara yang lainnya menggunakan KTP asli daerah," lanjut Guntur.***

Berikut Alur Proses Pengadaan CPNS Pemprov Riau Tahun 2014

1. Pelamar mendaftarkan nama, NIK, e-mail dan intansi yang dilamar di portal Panselnas https://panselnas.menpan.go.id

2. Portal Panselnas mengirim infomasi login SSCN di https://sscn.bkn.go.id melalui e-mail pelamar

3. Pelamar melakukan login ke situs SSCN untuk melengkapi dokumen pendaftaran

4. Pelamar mendapatkan bukti regestrasi

5. Pelamar menyerahkan cetak bukti regestrasi bersama berkas persyaratan kepada panitia pengadaan CPNS untuk di verifikasi

6. Hasil verifikasi akan diumumkan di situs sscn.bkn.go.id dan www.riau.go.id

7. Penyerahan cetak kartu peserta ujian dan informasi waktu dan tempat ujian terhadap pelamar yang lulus verifikasi

8. Pesarta ujian (CAT) mengikuti ujian pada waktu dan tempat yang ditetapkan panitia

9. Pengumuman hasil ujian situs sscn.bkn.go.id dan media lokal yang ditunjuk.