PEKANBARU, GORIAU.COM - Berdasarkan rapat koordinasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau bersama kabupaten dan kota, didapatkan hasil pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Riau akan dilakukan serentak.

Meski sejauh ini belum ada keputusan waktu pendaftaran itu dibuka. Karena memang masih menunggu kesiapan dan penerimaan formasi oleh semua daerah. Sejauh ini masih ada beberapa daerah di Riau yang belum menerima formasi CPNS.

Kepala BKD Riau, M Guntur, menyebutkan, rencana pendaftaran CPNS di Riau secara serentak merupakan hasil rapat koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama kabupaten dan kota.

"Pak Gubernur setuju, perekrutan akan dilakukan secara serentak. Kita masih menunggu kesiapan daerah dan formasi untuk beberapa kabupaten di Riau," ujar Guntur.

Mengenai waktu, Guntur berharap paling lambat dua pekan lagi perekrutan CPNS khusus di Riau sudah dimulai. Karena beberapa lembaga dan kementerian sudah melaksanakannya. "Kalau bisa dua pekan lagi sudah dibuka," ungkap Guntur.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyetujui formasi CPNS Pemprov Riau sebanyak 168 orang, ditambah 28 orang lulusan SMA.

Jika semua sudah tuntas, maka terkait jadwal nantinya kembali akan disampaikan ke Panselnas dan BKN. "Karena menggunakan sistem CAT dan ada kuota SMA/SMK, jadi calon pelamar sudah bisa tentunya menyiapkan persyaratan dari sekarang. Karena tidak akan terlalu sulit," tuturnya.***