DURI, GORIAU.COM - Bupati H Herliyan Saleh, Minggu (29/3/2015) malam secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kecamatan Mandau tahun 2015. Pembukaan helat yang berlangsung meriah dan disaksikan ribuan pasang mata itu dipusat di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu Riau Mandau di Kelurahan Batan Serosa, Duri.

Di kesempatan ini, Bupati mengajak umat Islam di Mandau untuk menjadikan pelaksanaan MTQ yang diikuti sekitar 300 kafilah ini sebagai momentum untuk menjadikan gemar membaca Al Quran sebagai budaya dan salah satu kebutuhan.

''Karena dan sebagaimana ayat pertama yang diturunkan Allah SWT membaca Al Quran adalah pintu utama yang akan mengantarkan setiap umat Islam ke pintu pengetahuan, pemahaman dan pengalaman nilai-nilai dan ajaran yang terkandung dalam Al Qur'an dengan baik dan benar,'' ujar Herliyan.

Masih kata Herliyan, dalam rangka menjadikan gemar membaca Al Quran ini sebuah budaya dan kebutuhan umat Islam, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mencanangkan dua program. Yaitu magrib mengaji dan Kabupaten Bengkalis Sehari Khatam Al Qur'an.

''Jika magrib mengadi sudah dicanangkan sejak tahun 2011, untuk proram kedua ini, telah dicanangkan ketika pembukaan MTQ XI tingkat Kecamatan Siak Kecil di Desa Tanjung Damai pada Sabtu (21/3/) malam,'' jelas Herliyan.

Sementara Ketua Harian Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Bengkalis H Arianto yang juga hadir dalam pembukaan MTQ ke-41 Mandau menegaskan, lembaga yang dipimpinnya itu mendukung sepenuhnya kedua program tersebut.

''Sebagaimana program magrib mengaji, LPTQ siap menyukseskan program Kabupaten Bengkalis Sehari Khatam Al Qur'an yang sudah dicanangkan Bupati Bengkalis tersebut,'' tegas Arianto. (ail)