PANGKALANKERINCI - Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan, dianggap bertanggung jawab atas peristiwa pembacokan yang dilakukan oknum guru kepada Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Ukui, Pelalawan, Riau. Sebab sebelum peristiwa terjadi, korban telah mengadukan adanya persoalan antara dirinya dengan pelaku.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua PGRI Pelalawan, M Syafi'i, Minggu (29/11/2015). Namun, Sayafi'i menyayangkan sikap Disdik Pelalawan yang telah mengabaikan laporan Kepsek SMKN 1 Ukui, Nova Damayanti.

"Kita sayangkan sikap Disdik, yang abai dengan laporan Nova Damayanti," tutur Syafi'i kecewa.

Kalau saja Disdik tanggap dengan laporan korban, kata Syafi'i, besar kemungkinan peristiwa yang mencelakai Kepsek SMKN 1 Ukui takkan terjadi.

"Atas kelalaian ini, sudah semestinya Disdik harus turut bertanggung jawab dalam peristiwa ini," ujarnya.

Karena selaku instansi yang menaungi para guru, harusnya Disdik jangan hanya memakai tenaga pendidik saja namun mengabaikan pengawasan terhadap para guru itu sendiri.

"Apalagi Disdik kan memiliki tenaga UPTD dan pengawas yang bertugas mengawasi sekolah-sekolah, fungsi itu harusnya dimaksimalkan secara optimal," tegasnya.

Syafi'i menambahkan, atas kejadian ini pihaknya selaku organisasi profesi yang menaungi para guru mengharapkan Disdik Pelalawan, juga bertanggung jawab dengan stabilitas pasca kejadian.

"Trauma guru dan siswa karena peristiwa yang terjadi di depan mata mereka, juga harus dipandang serius oleh Disdik," tukasnya.(***)