PEKANBARU, GORIAU.COM - Provinsi Riau resmi membuka pendaftaran CPNS tahun sejak Sabtu (20/9/2014) kemarin. Kantor Regional (Kanreg) XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Wilayah Pekanbaru telah mempersiapkan 100 unit komputer untuk pelaksanaan ujiannya.

100 unit komputer tersebut akan difungsikan oleh 6 daerah di Riau yakni Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir, Siak, Kuansing, Kota Pekanbaru dan Dumai.

Di luar itu, ternyata ada satu daerah di provinsi tetangga yang ikut menumpang tes CPNS, yakni Kota Payakumbuh. "Ada 7 daerah, satunya adalah Payakumbuh," kata Kepala Bidang Informasi BKN Kanreg XII, Anna H Hasaruddin.

Nantinya akan ada dua ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan Tes Kompetisi Dasar (TKD). "Ada dua labor ujian, masing-masing diisi 50 unit komputer dan 3 cadangan," lanjut Anna.

Sementara jadwal ujian sendiri masih menunggu dari masing-masing daerah. Begitu mengenai jumlah peserta ujian juga menunggu hasil akhir dari BKD. Setelah dikirimkan oleh BKD, barulah dilaksanakan ujian resminya, dengan menggunakan sistem CAT.

"Peserta baru bisa melaksanakan ujian diverifikasi dan diumumkan oleh masing-masing instansi dan dinyatakan lulus. Selanjutnya baru diinformasikan ke pihak BKN," papar Anna.

Terkait adanya rencana Pemprov Riau bekerjasama dengan Universitas Politeknik Caltex Riau (PCR), Anna mengatakan, komputer yang ada sudah sesuai dengan standar dan spesifikasi.***