PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Makanan mengandung zat pewarna tekstil ditemukan beredar di pasaran oleh Tim Gabungan saat menggelar operasi pasar, Senin (6/7/2015). Sejumlah toko dan pedagang yang ada di Pasar Baru, Pangkalan Kerinci menjadi sasaran operasi pasar.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, dr Endid Romo Pratiknyo, pihaknya mengaku menemukan adanya makanan yang mengandung zat pewarna tekstil.

"Dari dua sampel bahan makanan yang diuji, kita temukan mengandung rodamin 2B. Zat ini merupakan zat pewarna pakaian yang digunakan dalam makanan itu," ungkap Endid, usai melakukan kegiatan.

Ditemukannya makanan yang mengandung zat pewarna tekstil tersebut, kata Endid, diketahui setelah adanya pemeriksaan laboratorium terhadap sampel makanan yang diambil dari sejumlah pedagang.

"Jadi cukup berbahaya bagi kesehatan," tegasnya.

Endid membeberkan, dari 28 sampel bahan makanan yang diambil oleh petugas, diketahui dua sampel mengandung rodamin 2B. Sedangkan untuk formalin, boraks, dan zat yang dilarang lainnya masih dalam proses uji laboratorium.

"Pengecekan kita lakukan di dalam mobil laboratorium milik Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Pekanbaru yang dibawa langsung ke sini," jelasnya.

Dalam operasi pasar tersebut, tim terdiri dari puluhan personil diantaranya Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar), Dinas Kelautan dan perikanan (Diskanla), Dinas kesehatan, Satpol PP, dan Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Bahan Makanan (BPOM).(***)Â