RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) H. Yopi Arianto dan Wakil Bupati Inhu membuka secara langsung pawai takbir atau takbir keliling memperingatan hari raya Aidil Fitri 1435 Hijriah 1 Syawal Tahun 2014, Minggu (27/7/2014) malam.

Takbir yang disemarakkan oleh becak hias ini dilaksanakan dengan jalan kaki mengelilingi kota Rengat dengan menggunakan obor yang terbuat dari bambu.

Pelepasan pawai takbir dipusatkan di Pendopo Junjung Buih Rengat, depan rumah dinas Bupati Inhu. Hadir dalam acara tersebut Setda Inhu, Kapolres, Dandim serta Kadis, Kakan, Kaban dan Kabag serta Camat. Ribuan peserta pawai kembali finish didepan kediaman Bupati Inhu.

Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam sambutannya mengatakan gema takbir dikumandangkan oleh umat muslim di penjuru dunia untuk merayakan hari kemenangan.

Pawai dengan berjalan kaki dengan menggunakan obor ini bertujuan untuk mengembalikan tradisi Melayu. Selain itu untuk menghindari angka kecelakaan saat konvoi.

''Diharapkan setelah sebulan penuh kita berpuasa dan malam ini kita mengumandangkan takbir, hendaknya kita semua kembali fitrah dan amal ibadah kita diterima allah SWT,'' tutup Bupati.

Pantauan GoRiau.com, di lapangan, ribuan masyarakat Inhu terlihat tumpah ruah ke jalan untuk mengikuti pawai takbir keliling. Puluhan becak hias semarakan acara pawai. Pembukaan pawai ditandai dengan pemukulan bedug dan letusan kembang api. (jef)