PEKANBARU, GORIAU.COM - Seluruh CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah mendaftar ulang. Berkas akan segera dikirim ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk nantinya diverifikasi.

"Sudah semua, tinggal mengirim ke BKN saja," terang Kabid Kepegawaian BKD Riau, Haprialdi Malik.

Untuk tahapan selanjutnya kata Haprialdi, pihaknya akan mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat melalui Kantor Regional BKN Riau.

"Pengusulan NIP tersebut, akan dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Ini merupakan salah satu sistem komputer berbasis web andalan BKN," sebutnya.

Ketika disinggung waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeluaran NIP tersebut?Haprialdi mengaku, tidak akan memakan waktu yang lama.

"Kita memprediksi NIP tersebut akan selesai Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Maret. Namun tergantung dari kecepatan BKN dalam memproses NIP tersaebut, kita belum bisa memastikan," papar Haprialdi.

Jika NIP tersebut dikeluarkan per 1 Maret, lanjutnya, para peserta yang lolos tidak akan langsung bisa bekerja, "Kemungkinan para peserta tersebut baru bisa bekerja Agustus atau September," katanya.***