PEKANBARU, GORIAU.COM - Dampak kabut asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau tak hanya jadi masalah yang harus dihadapi pemerintah dan masyarakat Provinsi Riau. Kabut asap kini bahkan disalurkan sebagai hiburan dalam bentuk meme yang menarik dan sengaja di pajang sebagai Display Picture kontak Blackberry, bahkan merambah akun jejaring sosial.


Meme ‎yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku dan tindakan (sumber internet,red) jadi tren zaman sekarang. Termasuk dalam menanggapi bencana asap di Riau. Bahkan meme ini sebagian ada yang menyindir tentang betapa parahnya bencana ini melanda Riau.


Ada beberapa meme yang cukup menarik yang berhasil dirangkum GoRiau.com, diantaranya meme tentang seorang bidadari yang turun mandi ke Sungai Siak, lantaran Pekanbaru bak negeri kayangan. Meme lainnya plesetan film Assalamualaikum Beijing yang dirubah tampilannya menjadi Assalamualaikum Riau yang penuh kabut asap. Bahkan foto Revalina Estemat juga diganti dan menggunakan masker.


‎Lalu meme dengan latarbelakang jembatan Flyover, dengan tulisan Wisata Asap Riau, Buka full 24 jam nonstop, minggu dan hari libur tetap buka. Kemudian meme plesetan dari film Surga yang tak dirindukan, dimana diganti dengan Asap yang tak dirindukan, seri sesak nafas adek bang. Ada juga meme hasil olahan dari film Fast To Furious, yang gambar pemerannya menggunakan masker.


‎Meme lucu ini walhasil menghiasi Display Picture (DP) kontak Blackberry sebagian warga Pekanbaru, Riau. Ada yang tujuannya sebagai hiburan, dan ada pula sebagai sindiran, lantaran musibah asap sudah jadi langganan setiap tahunnya di negeri Lancang Kuning. "Iseng aja bang, soalnya memenya lucu buat DP. Malahan banyak yang ambil. Saya juga dapat dari Instagram," kata Ira Puspita yang memasang meme Assalamualaikum Riau.


Meme tersebut sebagian diambil dari sampul film yang sedang digandrungi anak muda, baik film Indonesia maupun film luar. Sampul film tersebut yang kemudian diedit dengan Photoshop dan beberapa program edit Photo lainnya. Setelahnya, foto tersebut ditambahkan dengan beberapa kata yang memancing daya humor orang yang melihatnya, termasuk tentang fenomena kabut asap di Riau.


Adapun dampak kabut asap membuat sebagian sekolah di Riau terpaksa diliburkan. Bahkan asap juga dilaporkan sudah menganggu rute penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II, karena jarak pandang berada di bawah 1000 meter. Sedangkan Badan Meteorologi, Klimalotogi dan Geofisika (BMKG) kota Pekanbaru melaporkan, ada 134 titik panas di Riau, terhitung Rabu (2/9/2015) pagi tadi. (Had)‎