PEKANBARU, GORIAU.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru melakukan safari dakwah ke Masjid Paripurna Nurul Ibadah di Jalan Indrapuri, Kelurahan  Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, Rabu malam (29/1/2015). Kegiatan yang dihadiri 400-an jemaah ini juga diselingi tausiah agama oleh ustadz Dr. H. Ridwan Lc, MA.

Wakil Ketua MUI Pekanbaru, Drs. H. Tarmizi Muhammad, menyebutkan safari ini selain bertujuan membangun silaturrahim juga untuk melihat secara langsung kesiapan Nurul Ibadah sebagai Masjid Paripurna Kecamatan Tenayan Raya. “Walikota Pekanbaru, Pak Firdaus MT telah menetapkan 13 masjid di Pekanbaru menjadi masjid paripurna. Salah satunya Nurul Ibadah di Kecamatan Tenayan Raya,” kata Tarmizi.

Gagasan masjid paripurna, menurut Tarmizi Muhammad, untuk mendukung visi, misi dan program Walikota Pekanbaru, yakni menjadikan Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani. Masjid, kata anggota DPRD Pekanbaru, diharapkan mampu membina jemaahnya menjadi masyarakat yang baldatun toyyibatun ghofuur. ''Pak Wali ingin memfungsikan masjid seperti di zaman Rasulullah bahwa masjid tidak semata tempat umat shalat lima waktu, akan tetapi pusat dari seluruh kegiatan idarah, imarah dan riayah. Saya berharap pesan masjid paripurna ini bisa diemban oleh pengurus dan jemaah Nurul Ibadah,'' papar Tarmizi Muhammad.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Ridwan Hasbi Lc, MA. Dalam tausiahnya bertajuk, ''mendirikan keluarga sakinah mawaddah dan memfungsikan masjid paripurna,'' ustadz tamatan Mesir ini menyebut bahwa ciri-ciri orang beriman itu salah satunya mengikatkan hatinya di masjid. Di masjid umat bermunajat kepada Allah sambil menenangkan diri. Keluarga sakinah, mawaddah, warohmah, kata Ridwan, tidak akan berdiri apabila umat berpaling dari masjid. Karena itu, ajaknya, umat harus memfungsikan masjid tidak hanya sebagai tempat shalat akan tetapi pusat dari segala kegiatan. Pusat membangun dan membina umat.

Rombongan MUI Kota Pekanbaru yang dipimpin Tarmizi Muhammad itu terdiri dari H. Zailani, MA, H. Khairunas Jamal, MA, Drs. Ayub Nahar, Dr. H. Khair, H. Hasyim SPdi, MA dan H. Yasin Tambusai. Acara juga dihadiri Camat Tenayan Raya, Drs. Rahman, KUA Tenayan Raya, Drs. H. Idrus, Lurah Rejosari Indra, Ketua Masjid Nurul Ibadah Dr. H. Syafriadi, SH, MH, serta tokoh masyarakat setempat, Drs. H. Soemardi Taher. (rls)