RENGAT,GORIAU.COM - Jelang memasuki tahun anggaran 2016 dan mengejar kue pembangunan, tim 11 Desa Pekan Heran, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, susun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), bahkan penyusunan RPJM Des tersebut dilakukan hingga larut malam.

"RPJM ini kita susun untuk pedoman pengajuan pembangunan desa. Baik yang merupakan skala prioritas atau program lanjutan atau jangka menengah", ujar Kepala Desa Pekan Heran Muhammad Mifta kepada GoRiau.Com, Selasa (1/9/2015) malam.

Dikatakan pria yang akrab disapa Ucok itu, sebelum RPJM desa disusun, pihaknya terlebih dahulu meminta dusun untuk menyampaikan kebutuhan pembangunan didaerah mereka masing-masing.

Dan usulan tersebut tentunya berdasarkan hasil musyawarah yang diputuskan ditingkat dusun. Tidak itu saja, pihaknya juga melakukan kroscek langsung terhadap beberapa poin pembangunan yang merupakan menjadi skala prioritas.

"Banyak hal yang sangat dibutuhkan masyarakat atau yang menjadi skala prioritas yang kita ajukan dalam RPJM Des ini, terutama dibidang pendidikan umum dan agama islam, kesehatan dan sarana ibadah", tegasnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap pemerintah daerah Inhu dapat memberikan perhatian khusus dalam merealisasikan usulan mereka. Sebab, Desa Pekan Heran yang merupakan desa tertua di Kecamatan Rengat Barat sudah jauh tertinggal oleh desa lain yang merupakan hasil pemekaran dari desa itu, terangnya.

Masih kata Ucok, usulan yang dibuat pihak desa tersebut merupakan usulan pembangunan untuk jangka 6 tahun kedepan dengan total perhitungan sementara Rp120 Miliar lebih. "Setelah ini kita susun, hasilnya akan kita serahkan ke Camat, Bapemaspemdes dan Bappeda Inhu, dengan harapan bisa direalisasikan", pungkasnya.(jef)