TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Menyambut hari jadi ke-76 Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir (Inhil) yang akan jatuh pada bulan September ini, panitia yang telah dibentuk merencanakan akan meramaikannya dengan pesta rakyat yang akan dilangsungkan 15 hari lamanya.

Milad Mandah kali ini, diharapkan betul-betul menjadi sebuah pesta kegembiraan buat masyarakat Mandah, baik yang berada di kampung ataupun yang berada di rantau. Disamping untuk mempererat silaturahmi membangun Mandah yang lebih baik.

''Pesta rakyat ini kita niatkan pelaksaannya selama 15 hari, dengan puncaknya tanggal 27 September mendatang, yang akan ditutup dengan Istiqasah,'' kata Camat Mandah, Nursal kepada GoRiau.com, Senin (1/9/2014).

Mengingat latar belakang terbentuknya Kecamatan Mandah yang terbagi menjadi 2 periode. Dimana saat itu saat periode sebelum kemerdekaan RI, Kerajaan Batin 6 suku pada tahun 1260, didaerah Inhil bagian utara dikuasai oleh Raja-raja kecil bekas kerajaan Bintan, yang karena perpecahan sebagian menyebar ke daerah tersebut.

''Pada masa penjajahan Belanda, dengan adanya Tractaat Van Vrindchaap (perjanjian perdamaian dan persahabatan) tanggal 27 Sept 1938 antara Kerajaan Indragiri dengan Belanda, maka kesultanan Indragiri menjadi Zelfbestuur. Berdasakan ketentuan tersebut Mandah dijadikan sebagai daerah keamiran (dari 6 daerah keamiran di Indragiri Hilir) yaitu dengan nama Amir Mandah dan Gaung dgn ibukotanya di Khairiah Mandah,'' jelas Nursal.

Berdasarkan sejarah yang cukup panjang itu, maka dikatakan Nursal kali ini perayaan HUT kampung halaman mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal ini akan dibentuk sedemikian rupa sehingga masyarakat Inhil kususnya Mandah benar-benar merasakan aura hari jadi itu.

Adapun beberapa kegiatan yang akan menghiasi Milad Mandah kali ini adalah festival Berdah, kejuaraan bola kaki, lomba Gasing, turnamen bola volly, lomba Egrang (kaki bajang), lomba sampan jale, lomba mancing Sembuang fish, Pertandingan Lacak (Domino), PBB oleh Kwaran Mandah, festival dari siswa sekolah, lomba Nangkop (makan sagu), Jalan santai umum dan Istiqasyah pada hari puncak.(ayu)