MANDAH, GORIAU.COM - Sebagai daerah yang bergantung dengan pasang dan surutnya air sungai, warga di beberapa desa di Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau berharap penimbunan jalan penghubung antar desa. Yakni jalan penghubung Dusun Ganda Jaya Desa Bente menuju Kelurahan Khairiah Mandah dan Jalan Parit Melati Desa Bantayan menuju Parit Tasik Bermadu Desa Soraya Mandiri.

Seperti diutarakan warga desa Bente, Khairi, jalan di desa ini sangat diperlukan terutama sebagai akses anak sekolah yang menuntut ilmu di Kelurahan Khairiah Mandah ibukota Kecamatan Mandah.

"Jalan ini sangat penting, soalnya anak-anak di desa kami ini kebanyakan bersekolah di Khairiah Mandah. Bila hujan turut atau air pasang besar, jalan ini tidak bisa dilewati. Kami berharap Pemkab Inhil dapat memberikan perhatian," pinta Khairi seperti disampaikannya kepada GoRiau.com, Sabtu (29/8/2015).

Hal senada juga warga Desa Soraya Sutrisno. Ia mengatakan, jalan akses dari Desa Bantayan menuju Soraya sangat penting, karena ini juga membuka akses ke beberapa desa lain seperti Pelanduk dan sebagian wilayah Kecamatan Pelangiran. Karena kawasan Indragiri Hilir dataran tanah gambut, mudah berlumpur.

"Kami di sini bergantung pada air pasang, karena transportasi hanya lewat sungai. Kalau jalan ini tak bisa dilalui karena hujan dan sebagainya, kami merasa terisolasi," sebut Sutrisno.

Ia mengaku telah beberapa kali menyampaikan keluhan mengenai jalan ini, namun sampai saat ini belum ada tanggapan baik dari pihak desa dan kecamatan maupun Pemkab Indragiri Hilir. "Kami sangat berharap jalan ini ditimbun nantinya dan disemenisasi," sambungnya.

Sementara itu Anggota DPRD Indragiri Hilir H. Awandi yang berasal dari daerah pemilihan Mandah-Pelangiran mengaku telah menerima aspirasi mengenai kondisi kedua jalan ini. Ini akan menjadi perhatian serius baginya sebagai wakil rakyat dari daerah itu.

"Kami memang prihatin melihat kondisinya. Insyaallah akan saya coba usulkan agar segera ditimbun. Kami berharap pemerintah terutama pihak kecamatan tanggap dengan hal ini, dengan memasukkan dalam Musrenbang yang dilakukan di tingkat kecamatan," sebut politisi PKB tersebut.(rul)